Wow! Indonesia Negara Nomor 3 Teratas Incaran Malware Mobile

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Perkembangan internet Indonesia terus mengalami peningkatan. Seiring dengan itu, sebuah penelitian yang diungkap Kaspersky Lab menyebutkan Indonesia termasuk 3 negara paling atas diserang malware mobile 2017.

Seperti yang dikutip dari laman liputan6.com, 41,14 persen di antaranya malware mobile tersebut menargetkan Indonesia. Sedangkan jumlah paling banyak diketahui di negara Iran dengan jumlah 57,25 persen, dan disusul negara Bangladesh 42,14 persen serangan.

Dari data yang dikeluarkan Kaspersky Lab, mengungkapkan sebanyak tujuh juta percobaan serangan malware mobil secara global di tahun 2017. Sementara itu, di tahun 2016 mencapai 40 juta. Meskipun terbilang mengalami penurunan di tahun 2017, namun jumlah perangkat yang terjangkit malware justru meningkat.

Perangkat tersebut, di antaranya lebih dari 4,9 juta perangkat berbasis Android terkena malware, dan jumlah tersebut 1,2 lebih banyak dari tahun sebelumnya. Data lainnya menjelaskan, bahwa 111.184 pengguna unik menjadi sasaran mobile ransomeware yang mana dua kali lipat lebih banyak dari tahun 2016 dan 17 kali lipat lebih tinggi dibanding dengan tahun 2015.

Adapun diketahuinya aktivitas malware tersebut, mulai terdeteksi di awal bulan tahun 2017 dengan jenis Trojan Congur. Cara kerja malware ini adalah sejenis pemblokir yang dapat mengatur PIN yang kemudian meminta uang untuk membukanya.

“Tentunya serangan ini sebanding lurus dengan yang terjadi pada pasar mobile secara global. Sementara untuk saat ini, Trojan Mobile Adversiting yang dapat mengekploitasi hak root mengalami penurunan, namun jenis terbaru Android Firmware jutsru menjadi rentan dan akan muncul peluang baru,” kata  Ahli Keamanan Roman Unuchek di Kaspersky Lab.  (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar