Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita Pangandaran78 Sekolah di Pangandaran Dapat Bantuan DAK 2018 Rp. 17 Miliar

78 Sekolah di Pangandaran Dapat Bantuan DAK 2018 Rp. 17 Miliar

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pangandaran kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada para 78 Kepala Sekolah dan Komite, baik SD maupun SMP di salah satu hotel di Pangandaran, Senin (14/05/2018). Hadir dalam Bimtek tersebut Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Ciamis, Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Kadisdikpora serta Kabid Dikdas Disdikpora Pangandaran.

Kadisdikpora Pangandaran, Surman, mengingatkan dalam kesempatan itu agar para Kepala Sekolah dan Komite mampu menjalankan berbagai peraturan dari pemerintah, salah satunya jika sekolah mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 untuk merealisasikannya sesuai prosedur petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis).

“Kita ingin para Kepala Sekolah dan Komite tidak keluar dari jalur dan tidak merubah yang sudah ada di Juklak maupun di Juknis. Sebab, jika ada penyimpangan itu akan berbenturan dengan hukum dan secara langsung akan merugikan sekolah,” tegas Surman.

Pendi, Kasi Datun Kejari Ciamis, juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, Kejari Ciamis tidak akan pandang bulu bila ada penyimpangan dari aturan, khususnya implementasi yang keluar dari Juklak dan Juknis. Karena itu, pihaknya siap mengawal pembangunan di Pangandaran bidang pendidikan dengan mengawal sekolah yang mendapatkan DAK tahun 2018.

“Jangan pernah takut jika ada oknum wartawan ataupun LSM yang mempersoalkan DAK tersebut selama kita menjalankannya sesuai dengan Juklak dan Juknis. Tinggal hadapi saja. Selain itu, jika dari oknum tersebut juga mengarah pada unsur pemerasan, maka laporkan saja ke Kepolisian,” kata Pendi.

Sementara itu, Kabid Dikdas Disdikpora Pangandaran, Dodi Jubardi melalui Kasi Sarana dan Prasarana, Soleh, menyebutkan bawa tahun 2018 ini ada 78 sekolah dari SD dan SMP yang mendapatkan rehab dari DAK tahun 2018. Adapun total DAK tersebut mencapai Rp. 17 miliar.

“Kami harap sekolah yang mendapatkan DAK bisa merealisasikannya sesuai dengan aturan dan tidak keluar dari jalur,” singkatnya. (Ntang/Koran HR)