Amankan Area Tempat Ngabuburit, Polres Ciamis Terjunkan 100 Anggota Kepolisian

Seorang anggota kepolisian dari Polres Ciamis saat melakukan pengamanan di kawasan Alun-alun Ciamis, Jawa Barat, Kamis (17/05/2018). Foto: Heri Herdianto/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Untuk mengamankan sejumlah area yang biasa dijadikan tempat ngabuburit di wilayah Ciamis kota Jawa Barat selama bulan Ramadhan, Polres Ciamis menerjunkan 100 personel yang disebar di beberapa titik keramaian. Selain polisi, petugas Satpol PP dan petugas Dinas Perhubungan pun ikut terlibat dalam pengamanan tersebut.

Dari pantauan HR Online pada hari pertama bulan Ramadhan, Kamis (17/05/2018), terdapat 5 titik keramaian atau tempat ngabuburit yang mendapat pengamanan dari pihak kepolisian, yakni Alun-alun Ciamis, Taman Lokasana, Taman Hutan Kota Cigembor, Venue BMX, komplek Islamic Center, Kawasan taman Pahlawan Imbanagara, dan area jembatan Cirahong.

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, saat ditemui di sekitaran Alun-alun Ciamis, mengatakan, dilakukannya pengamanan di sejumlah titik keramaian agar masyarakat nyaman dan aman pada saat ngabuburit menunggu adzan magrib.

“Selain itu, anggota kami pun melakukan pengaturan lalu lintas di sejumlah area yang digunakan tempat berkumpul masyarakat selama bulan Ramadhan ini. Hal itu dilakukan agar tidak menimbulkan kemacetan kendaraan, terutama di Alun-alun Ciamis yang merupakan jalan Nasional,”ujarnya.

Menurut Bismio, lalu lintas kendaraan di kawasan Alun-alun Ciamis perlu mendapat pengaturan. Karena selain dipadati kendaraan pengunjung, juga terdapat arus kendaraan lintas provinsi. “Karena jalan Alun-alun ini merupakan jalur nasional. Kendaraan lintas provinisi akan berbaur dengan kendaraan pengunjung alun-alun. Kalau tidak diatur lalu lintasnya, dipastikan akan terjadi kemacetan kendaraan,”katanya.

Apabila volume kendaraan lintas provinsi mengalami peningkatan, lanjut Bismo, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan kendaraan.

Menurut Bismo, 100 anggota kepolisian tersebut disebar di 5 titik, diantaranya Alun-alun Ciamis disiagakan 20 polisi, di Taman Lokasana 15 polisi, Venue BMX sebanyak 15 polisi dan sisanya disiagakan di Islamic Center, Cirahong dan jalan baru Pahlawan.

“Sementara untuk pengamanan di masing-masing wilayah Kecamatan, akan dilakukan oleh anggota Polsek setempat. Lokasi pengamanannya sama, yakni di sejumlah titik keramaian yang sering digunakan warga untuk ngabuburit,” ujarnya.

Bismo pun mengingatkan masyarakat Ciamis untuk mengisi bulan ramadan dengan kegiatan positif dan bermanfaat. Selain itu, dia pun meminta masyarakat untuk menjaga ketertiban dan mentaati peraturan di jalan raya saat melakukan aktifitas ngabuburit. (Her2/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA