Asah Kreativitas, Siswa SMAN 1 Pangandaran Belajar Tanam Sistem Hidroponik

Para siswa SMAN 1 Pangandaran saat belajar menanam sistem hidroponik. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menanam berbagai jenis tumbuhan tanpa menggunakan tanah atau dengan teknik hidroponik cukup digemari sebagian masyarakat. Dengan cara sederhana tanpa memerlukan lahan yang luas, berbagai tanaman bisa tumbuh dengan baik dengan sistem ini.

Seperti yang dilakukan di SMAN 1 Pangandaran, para siswa di sela-sela akitivitas belajarnya menyempatkan belajar lebih jauh tentang penanaman sistem hidroponik.

“Kita datangkan ahlinya ke sini agar siswa bisa lebih paham dan tentunya akan semakin mudah dicerna ilmunya oleh mereka. Dengan begitu, siswa bisa lebih mandiri di rumah masing-masing dengan memanfaatkan sistem hidroponik ini,” kata Undang Kosasih, Kepala SMAN 1 Pangandaran belum lama ini.

Selain banyak pilihan untuk menanam dengan teknik ini, kata Undang, para siswa juga bisa mengembangkan lagi di bidang pertanian lainnya. Hal itu sebagai motivasi siswa agar lebih kreatif dan mandiri serta bisa memanfaatkan sesuatu yang ada di sekitar mereka menjadi lebih bermanfaat.

Sementara itu, Agus Subadra, pengajar hidroponik, mengatakan, teknik penanaman hidroponik sangat mudah untuk dilakukan oleh siapa saja yang berminat fokus di bidang pengembangan tanaman, termasuk siswa. Meskipun mudah, namun ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan agar tanamannya berhasil dipanen.

“Misalnya soal nutrisi ataupun pencahayaan, ini sangat penting. Apalagi suhu di sekitar tanaman juga perlu diperhatikan agar tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. Nah untuk pelajar, paling penting adalah memperhatikan nutrisi yang terkandung dalam air,” jelasnya.

Santi, salah satu siswa, mengatakan, dirinya baru pertama kali menanam tanaman dengan cara hidroponik yang menggunakan media air. Walaupun terlihat mudah, namun prosesnya cukup menantang dan menyenangkan.

“Nanti bisa saya coba menanam sayur-sayuran di rumah dengan sistem ini. Menurut saya ini sangat bagus sekali, apalagi yang lahannya terbatas,” pungkasnya. (Ntang/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA