Bahan Dapur Ini Diyakini Bisa Hilangkan Karang Gigi

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Untuk yang sering merokok dan minum kopi maka di giginya akan muncul plak yang kemudian timbul karang. Terlebih orang tersebut jarang menyikat gigi.

Menyikat gigi sangat penting, selain untuk menjaga kesehatan gigi juga untuk menghilangkan bakteri jahat di mulut dan gigi yang sumbernya dari makanan atau lainnya.

Gigi yang berkarang tersebut nantinya akan menyebabkan terkena sakit gusi. Untuk menanganinya umumnya pergi ke dokter gigi guna membersihkan gigi yang berkarang. Namun, ada cara paling mudah untuk menghilangkan karang pada gigi, tanpa mengeluarkan uang yang banyak, yaitu dengan memakai bahan yang ada di dapur.

Berikut bahannya, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Kulit jeruk

Bahan sederhana dan mudah didapat yang pertama yaitu kulit jeruk. Kulit jeruk ini diyakini bisa membersihkan karang gigi. Caranya pun tidak sulit, yaitu gigi yang berkarang itu digosok menggunakan kulit jeruk, kemudian diamkan satu malam namun dengan catatan jangan dibilas.

Selain membersihkan gigi berkarang, menggosokkan kulit jeruk ke gigi juga bisa memutihkan gigi secara alami.

# Lidah buaya

Untuk bahan yang satu ini memang terkenal untuk menyehatkan rambut. Jangan keliru, untuk karang di gigi, lidah buaya juga diklaim bisa membersihkan atau menghilangkannya.

Caranya, campurkan satu cangkir air dengan baking soda setengah cangkir, 1 sendok teh gel lidah buaya, minyak lemon sepuluh tetes serta 4 sendok teh gliserin sayuran. Dari campuran tersebut kemudian aduk sampai merata. Pakai campuran tersebut untuk menyikat gigi setiap hari.

# Baking soda

Menggunakan baking soda memang sangat efektif membersihkan atau memutihkan gigi yang sudah kuning serta berkarang. Caranya campurkan 1 sendok baking soda dengan sedikit garam atau bisa dengan lemon.

Kemudian aduk campuran tersebut sampai membentuk pasta. Pakai jari tangan atau lebih mudah menggunakan sikat gigi untuk menggosokan pasta tersebut ke gigi,lalu bilas dengan air.

# Biji wijen

Siapkan biji wijen sebanyak satu genggam tangan. Kemudian kunyah biji wijen tersebut namun jangan sampai ditelan. Sesudah itu, sikat gigi dengan pelan-pelan memakai sikat gigi kering.

Proses sikat gigi tersebu tjuga membantu terjadinya gesekan antara hasil kunyahan biji wijen dengan karang gigi, sehingga perlahan-lahan bakal mengikis karang gigi. (Adi/R5/HR-Online)