Bupati Pangandaran Resmikan Pojok Baca di Taman Merdeka

Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, meresmikan fasilitas Pojok Baca di Taman Merdeka Pangandaran. Photo: Entang SR/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, didampingin Kepala Dinas Pendidikan, Surman, dan Kepala Dinas Perpustakaan, Kiswaya, beserta pejabat lainnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Pangandaran, meresmikan fasilitas publik berupa Pojok Baca yang berada di Taman Merdeka, Kecamatan Pangandaran, Rabu (02/05/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengatakan, gerakan literasi atau gerakan gemar membaca harus memasyarakat di Pangandaran. Pasalnya, saat ini minat baca masyarakat di Pangandaran masih minim. Namun, dengan digelarnya sosialisasi literasi dan adanya Pojok Baca serta perpustakaan keliling, diharapkan minat bacanya jadi meningkat.

“Dengan membaca kita akan mengetahui banyak hal. Selain itu, banyak membaca maka pengetahuan kita akan bertambah luas. Saya juga berharap kepada para pelajar, rajin-rajinlah membaca buku,” tandasnya.

Lanjut Jeje, agar minat baca masyarakat naik, ke depan Pemkab Pangandaran juga akan menambah sarana prasarana untuk kegiatan membaca, salah satunya dengan membangun gedung perpustakaan, sekaligus tempat bermain anak. Jadi, sambil bermain, anak juga bisa sampil membaca buku. Untuk pembangunan sarana tersebut, pihak pemerintah kabupaten sendiri siap mengeluarkan dana sebesar Rp 3,8 miliar.

Sementara itu, Ketua Komunitas Pojok Baca, Andy Nuroni, mengatakan, saat ini di Pojok Baca sedikitnya ada 4 ribu judul buku yang bisa dibaca oleh masyarakat ataupun para pelajar yang ada di Kabupaten Pangandaran.

“Keberadaan Pojok Baca di Taman Merdeka ini merupakan hasil kerjasama antara komunitas dengan pemerintah kabupaten melalui Dinas Pendidikan dan Dinas Perpustakaan Kabupaten Pangandaran,” kata Andy.

Sekertaris Dinas Perpustakaan Kabupaten Pangandaran, Sobirin, menambahkan, pihaknya kini tengah mengejot minat baca di lingkungan masyarakat Kabupaten Pangandaran.

“Kami optimis, ke depan minat baca masyarakat di Pangandaran akan meningkat. Hal itu seiring dengan adanya mobil perpustakaan keliling yang telah beroperasi ke setiap wilayah kecamatan yag ada di Kabupaten Pangandaran,” tandas Sobirin. (Ntang/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar