Divonis Menderita Leukemia, Anak Yatim di Ciamis Ini Butuh Bantuan Pengobatan

Angga Aditya, penderita Leukemia, saat bersama neneknya Manisem. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Jenis kanker paling sering ditemukan pada anak-anak yang paling ditakuti adalah kanker darah atau leukemia. Seperti yang dirasakan Angga Aditya (3), seorang yatim yang kini bersama Neneknya, Manisem, warga Dusun Kertaharja, RT 28/08, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Perjuangan Angga melawan penyakit tersebut diketahui sekitar satu tahun lalu lantaran sering sakit-sakitan, terutama pada bagian kepala. Meski sudah pernah dibawa ke Puskesmas, namun tim medis di Puskesmas angkat tangan dan merujuknya ke RSUD Banjar.

Manisem, menuturkan, beberapa hari lalu Angga sempat mendapatkan perawatan di RSUD Banjar selama 4 hari. Meskipun ia menggunakan Kartu Indonesia Sehat, namun karena penyakitnya tidak bisa ditangani dan dianjurkan dirujuk ke rumah sakit yang ada di Bandung, akhirnya Angga pun terpaksa di bawa pulang ke rumah.

“Kata Dokter di RSUD tidak bisa menangani penyakit seperti ini, harusnya dibawa ke rumah sakit yang ada di Bandung atau Yogyakarta. Padahal, saya ingin sekali membawa cucu saya berobat, namun saya tidak punya apa-apa, jadi bingung kalau seperti ini dan harus minta tolong ke siapa,” lirih Manisem kepada HR Online sambil memangku Angga, Rabu (09/05/2018).

Soal orang tua Angga, Manisem menjelaskan Ibu Angga meninggal saat usia Angga beberapa bulan setelah lahir. Sedangkan ayahnya pergi meninggalkan yang sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Selain mengurus Angga, Manisem juga mengurus dua kaka Angga yang usianya di bawah 10 tahun.

“Bingung harus berbuat apa lagi untuk cucu saya dan hanya bisa berharap ada yang bisa bantu agar Angga bisa bermain-main seperti anak-anak yang lain. Apalagi saya orang yang tak punya dan harus mengurus sendiri cucu-cucu saya ini,” pungkas Manisem. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA