Hadiri Peresmian TBM Ibnu Ali Pangandaran, RBK Banjar Ajak Bersinergi

Pendiri TBM Ibnu Ali saat bersama RBK dan anak didiknya di sela-sela peresmian. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bertepatan dengan pencanangan pemerintah tentang Program Gerakan Nasional Masyarakat Membaca Buku (Gemas BUKU) yang dimulai 5 Mei 2018 di wilayah Kabupaten Pangandaran, warga di Dusun Kersaratu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran mendirikan Taman Baca Masyarakat (TBM) Ibnu Ali.

Dalam pendirian TBM Ibnu Ali yang berlangsung pada Sabtu (05/05/2018) tersebut dan digagas Iin Sirojudin, dihadiri Kepala Desa Sindangjaya, tokoh masyarakat setempat dan warga sekitar. Tak hanya itu, Ruang Baca Komunitas (RBK) Kota Banjar juga hadir dalam kesempatan itu.

Iin Sirodjudin, mengatakan, dirinya di lingkungan Kersaratu membina anak-anak, terutama yang menghafal Al Qur’an. Lantaran keinginannya untuk lebih mengembangkan di bidang literasi supaya anak didiknya lebih giat dalam belajar, maka dari itu ia mendirikan TBM Ibnu Ali.

“Ada sekitar 40 anak di sini. Alhamdulillah dukungan dari relawan, guru ngaji serta Karang Taruna TBM ini bisa kita resmikan dan ini adalah motivasi kita untuk terus mengembangkan budaya literasi di wilayah Pangandaran,” katanya.

Sementara itu, Endang Permana, Kepala Desa Sindangjaya, mengaku sangat menyambut positif pendirian TBM Ibnu Ali. Pasalnya, melalui budaya membaca menjadi salah satu factor dan kunci menuju kemajuan.

“Kita sangat mendukung TBM Ibnu Ali. Kita harap ini tidak berhenti sampai di sini saja, akan tetapi terus dilanjutkan,” singkat Endang.

Di sela-sela peresmian TBM Ibnu Ali, Sofian Munawar sebagai pendiri RBK, menyampaikan seputar urgensi literasi dan keberadaan TBM. Menurutnyta, kunci keberhasilan kegiatan literasi adalah adanya sinergi para pihak, baik masyarakat, pemerintah, maupun para pegiat literasi.

“Sinergi adalah kunci. Karena itu, jangan jalan sendiri-sendiri, tapi harus didorong secara bersama-sama karena kemajuan budaya baca merupakan tanggung jawab bersama,” kata Sofian Munawar.

Sambil bercanda, Sofian menambahkan bahwa TBM Ibnu Ali akan menjadi TBM paling mewah. Pasalnya, lokasinya yang mepet dengan sawah. “Ibnu Ali itu mengingatkan saya pada Sayyidina Ali, salah seorang sahabat nabi yang diberi julukan sebagai Babul Ilmu atau gerbangnya pengetahuan. Semoga TBM Ibnu Ali kelak juga dapat menjadi gerbang pengetahuan bagi masyarakat Kersaratu dan Mangunjaya, atau bahkan bagi warga Pangandaran umumnya,” pungkasnya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA