Hardiknas 2018, Pjs Bupati Ciamis; Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Masih dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2018, Pjs. Bupati Ciamis, Deddi Mulyadi, mengajak semua pihak untuk melakukan muhasabah (refleksi) terhadap perjuangan para pendahulu di bidang pendidikan.

Pada puncak peringatan Hardiknas tahun 2018, beberapa waktu lalu, Deddi menuturkan bahwa tema peringatan Hardiknas kali ini mengangkat tentang “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Menurut Deddi, tema tersebut menunjukkan adanya hubungan yang erat antara pendidikan dan kebudayaan. Hubungan itupun tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik yang dilakukan ki Hajar Dewantara.

Lebih lanjut, Deddi menjelaskan, dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2008, BAB I ayat (1) dan (2), disebutkan bahwa pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sedangkan kebudayaan nasional, merupakan akar pendidikan nasional.

“Disinlah terdapat titik temu antara pendidikan dan kebudayaan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Deddi berkomitmen untuk terus berikhtiar (berusaha) membangun dunia pendidikan. Deddi optimis, kebudayaan yang maju akan menciptakan pendidikan yang kuat.

“Begitupun sebaliknya. Jika pendidikan subur dan rindang, maka akar kebudayaan akan menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia,” tandasnya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA