Hasil Survei LSI, 63,9 Responden Belum Tahu Kapan Pelaksanaan Pilkada Ciamis

Peneliti LSI Denny JA, Fadhli Fakhri Fauzan, saat menggelar konferensi pers, di salah satu rumah makan di Ciamis, Minggu (13/05/2018). Foto: Eli Suherli/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebutkan ada sebanyak 63,9 responden dari 440 orang yang dijadikan sampel dan diambil secara random yang belum mengetahui kapan tanggal pelaksanaan Pilkada Ciamis. Survei itu dilakukan berbarengan dengan survei menguji elektabilitas pasangan calon bupati- wakil bupati Ciamis yang dilakukan pada 3 sampai 7 Mei 2018.

Peneliti LSI Denny JA, Fadhli Fakhri Fauzan, saat menggelar konferensi pers di salah satu rumah makan di Ciamis, Minggu (13/05/2018), mengatakan, selain melakukan survei terkait elektabilitas pasangan calon bupati-wakil bupati, pihaknya pun memasukan item terkait pengetahuan masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkada Ciamis.

“Setelah kami melakukan wawancara kepada seluruh responden, ternyata banyak yang belum mengetahui atau salah menjawab tanggal pelaksanaan Pilkada Ciamis. Dari sampel sebanyak 440 responden yang kami survei secara random, ternyata sebanyak 63,9 persen mengaku tidak mengetahui atau salah menjawab pelaksanaan tanggal pelaksanaan Pilkada. Seperti diketahui, pelaksanaan Pilkada Ciamis dihelat pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang ,”ujarnya.

Fadhli menegaskan temuan itu harus menjadi masukan untuk KPU Kabupaten Ciamis sebagai pihak penyelenggara Pilkada, agar terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat. “Masukan ini tentunya sangat berarti untuk terciptanya Pilkada Ciamis yang berkualitas. Karena dengan semakin banyak calon pemilih yang menyalurkan hak pilihnya atau meningkatnya partisipasi masyarakat, maka akan memberi pengaruh terhadap kualitas pelaksanaan Pilkada,”ungkapnya.

Jangan sampai, kata Fadhli, banyak calon pemilih yang tidak menyalurkan hak pilihnya, karena alasan tidak tahu kapan pelaksanaan Pilkada.”Kami yang melakukan survei pun sempat kaget dengan temuan tersebut. Karena di saat pelaksanaan Pilkada kurang lebih sekitar satu bulan lagi, ternyata masih tinggi ketidaktahuan masyarakat terhadap Pilkada. Makanya, KPU harus terus tanpa henti melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, pada pertanyaan berapa jumlah pasangan calon yang mengikuti Pilkada Ciamis, sebanyak 62,3 persen responden menjawab benar atau dengan menyebutkan dua pasangan calon. Begitupun saat ditanya nomor urut pasangan calon, sebanyak 55 persen responden menjawab benar.

Sedangkan pada pertanyaan apakah sudah terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada Ciamis? Sebanyak 94 persen responden menjawab sudah terdaftar, sebanyak 3,0 persen menjawab kurang yakin sudah terdaftar atau belum terdaftar, sebanyak 2,3 persen menjawab belum terdaftar dan sebanyak 0,6 persen menjawab tidak tahu dan tidak jawab. (es/R2/HR-Online)

Berita Terkait

(Pilkada Ciamis) LSI Denny JA Rilis Hasil Survei, Herdiat-Yana Unggul 52,3 Persen

(Pilkada Ciamis) Hasil Survei LSI Denny JA Sebut 52,5% Responden Ingin Bupati Baru

KOMENTAR ANDA