Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruHati-hati! Ini Akibatnya jika Sering Menahan Kentut

Hati-hati! Ini Akibatnya jika Sering Menahan Kentut

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Tidak sedikit orang yang menahan kentut atau mengeluarkan gas, hal itu disebabkan karena malu jika bunyi dari kentut itu terdengar orang lain, apalagi di orang banyak. Pasalnya, selain bunyi yang bikin malu, bau dari kentut juga akan membuat Anda mati kutu.

Kentut diakibatkan karena udara yang ada di dalam perut terjebak tidak bisa keluar. Udara tersebut sumbernya bisa dari makanan atau minuman.

Ada baiknya jika Anda ingin kentut sebaiknya jangan ditahan. Pasalnya, menahan kentut sama saja akan berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Jadi lebih baik malu daripada bermasalah bagi tubuh.

Nah, berikut ini akibatnya apabila Anda menahan kentut, yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

# Wasir

Bahaya pertama akibat menahan kentut yaitu akan terkena wasir. Saat kita menahan kentut organ dubur yang menahan kentut supaya tidak keluar, akan melakukan gerakan yang tidak biasa atau berlebihan.

Akibatnya, otot yang ada di anus tersebut akan memegang serta pembuluh darah akan melebar. Apabila Anda terus menerus menahan kentut, maka penyakit wasir tidak bisa dihindari lagi.

# Infeksi diverticulosis

Bahaya yang kedua adalah menyebabkan infeksi diverticulosis. Usus yang tertekan akibat menahan kentut. Di kasus tertentu, tekanan tersebut bisa mengakibatkan munculnya kantung-kantung kecil di lapisan usus besar yang disebut divertikula.

Divertikula ini bisa terkena infeksi dari kuman yang akhirnya mengakibatkan diverticulosis. Gejala diverticulosis tersebut ditandai dengan perut kembung, kram atau nyeri, diare serta sembelit dan mual-mual sampai muntah.

# Peritonitis

Bahaya lainnya menahan keluarnya gas dari dalam perut yaitu bisa mengakibatkan peritonitis.

Peritonitis adalah peradangan yang terjadi di jaringan yang melapisi dinding pada bagian dalam perut yang mencakup mayoritas organ perut atau disebut peritoneum.

Gejala dari orang yang terkena peritonitis diantaranya lelah, panas tinggi, perut kembung, mual-mual serta muntah dan detak jantung meningkat, dan susah buang air besar. Peritonitis disebabkan karena adanya infeksi yang sumbernya bisa dari jamur ataupun bakteri.

Jika mengalami peritonitis, sebaiknya secepat mungkin periksa ke dokter, karena apabila dibiarkan tidak secepatnya ditangani risikonya adalah mengancam nyawa.

# Keracunan gas

Unsur gas kentut salah satunya adalah metana. Dan apabila ditahan atau tidak dikeluarkan dari dalam perut, maka metana tersebut akan semakin bertambah yang akibatnya akan berubah menjadi racun. (Adi/R5/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru