Hati-hati! Pesan Ini Muncul di Smatphone Android Akan Bawa Petaka

Pesan berbahaya jika muncul di smartphone android. Foto: net/Ist

Berita Teknologi, (harapanrakyat.com),- Pengguna smartphone Android kembali diingat untuk hati-hati saat menerima pesan pop-up yang meminta untuk memperbaharui versi chrome pada smartphone. Pasalnya, jika pesan tersebut diklik pada bagian tautannya, akan langsung menginstal aplikasi Trojan dengan nama Facebook Apk atau Chrome Apk yang mana akan menjadi backdoor  Android penyerang.

Seperti yang diungkapkan peneliti keamanan Kaspersky, bahwa pop-up yang menampilkan pesan ‘To better experience the browsing, update to the latest chrome version’ perlu diwaspadai karena membahayakan smartphone. Jika pada tautan pesan tersebut diklik, maka aplikasi Trojan tersebut akan mengancam smartphone yang mana malware roaming mantis akan menyusup ke dalam system smartphone.

Adapun proses penyerangan malware tersebut dengan cara menyusup melalui router. Di saat smartphone terhubung ke internet melalui router yang terjangkit malware, maka malware roaming mantis akan menyebrang melalui router ke smartphone. Untuk itu, para peneliti menyarankan agar pengguna smartphone hati-hati dalam menggunakan jaringan WiFi. Sebab, kemungkinan ada ancaman yang mengintai.

Menurut Security ResearcherKaspersky Lab Jepang, Suguru Ishimaru, bahwa malware roaming mantis tersebut merupakan ancaman yang terbilang aktif dan berkembangnya cukup cepat. Melalui router dengan mencari celah keamanan, malware tersebut akan mengirimkan malware dengan cara yang sederhana, akan tetapi cukup efektif, yakni dengan meretas DNS dari router yang diserang.

Jika DNS sukses diretas, maka upaya mengakses website apapun tetap akan disambungkan ke URL yang tampak asli, namun kontennya palsu yang berasal dari server penyerang tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA