Inilah Jenis Makanan yang Bisa Mencegah Munculnya Keriput

Makanan dengan kandungan vitamin C. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Bagi sejumlah orang, penuaan dianggap sangat menakutkan, seperti munculnya keriput di wajah. Mungkin Anda juga sudah melakukan berbagai macam cara agar terlihat awet muda, benar kan? Sebetulnya, mencegah munculnya kerutan dapat dilakukan dengan cara menjaga makanan yang dikonsumsi.

Dikutip dari thelist.com, Selasa (15/05/2018), berikut ini jenis makanan yang bisa mencegah munculnya keriput;

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang mengandung serat, protein, serta antioksidan. Serat yang terkandung dalam kacang-kacangan sangat baik bagi kulit, menjebak racun pada sistem pencernaan lalu mengeluarkannya dari tubuh, dan bisa mempengaruhi penampilan, salah satunya mencegah munculnya keriput.

Selain itu, kacang-kacangan juga termasuk makanan yang kaya akan vitamin E dan C, mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Mulai sekarang, coba ganti camilan sore hari Anda dengan kacang-kacangan.

Makanan dengan kandungan vitamin C

Asupan tinggi vitamin C bisa menurunkan tampilan keriput dan juga kulit kering. Vitamin C punya banyak kandungan antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan paparan sinar matahari, dan munculnya keriput.

Makanan dengan kandungan vitamin A

Makanan dengan kandungan vitamin A bisa menjadi pencegah munculnya keriput. Vitamin A juga bisa membantu kulit dalam dua cara, baik dikonsumsi dalam bentuk makanan atau diaplikasikan langsung ke kulit sebagai krim, atau biasa disebut retinol.

Minyak zaitun

Kekeringan bisa menyebabkan munculnya keriput, sebab kulit tidak lagi mampu menahan kelembapan. Mungkin Anda berpikir bahwa minum banyak air bisa membantu. Tapi, tanpa jenis lemak yang tepat, maka sel-sel kulit tidak akan bisa menahan air, sehingga kulit tetap kering.

Kalium

Kalium merupakan elektrolit yang umum ditemukan dalam makanan, khususnya buah-buahan dan sayuran. Kalium bisa membantu menjaga keseimbangan cairan pada sel-sel individual tubuh, serta melawan efek dehidrasi natrium untuk menjaga air dalam sel.

Ikan

Ikan merupakan makanan yang luar biasa bagi kulit secara keseluruhan, sebab kandungan omega 3-nya yang tinggi. Omega 3 pada ikan adalah lemak esensial yang bisa membantu kulit mempertahankan kelenturan serta fleksibilitas, dan bisa mengurangi munculnya keriput.

Makanan tinggi protein

Tanpa protein yang cukup, maka sel-sel kulit tidak akan bisa beregenerasi dan akan mulai terlihat kusam dan kering. Perputaran sel yang baik bisa menimbulkan kulit selalu tampak muda. (Eva/R3/HR/Online)

KOMENTAR ANDA