Jaga Kondusifitas Pilkada 2018, Polair Pangandaran Ajak Nelayan Bersinergi

Nelayan saat memanen ikan. Foto: Dokumen HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Dalam mewujudkan keamanan serta kondusifitas Pilkada 2018 di wilayah Kabupaten Pangandaran, jajaran Polisi Air (Polair) Pangandaran dari Polres Ciamis menyambangi para nelayan di Dusun Majingklak dan Dusun Pamotan, Desa Pamotan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran.

Menurut Kasat Polair Pangandaran, AKP Samuji, kegiatannya tersebut adalah bentuk koordinasi dan komunikasi langsung bersama masyarakat di pesisir selatan yang masuk wilayah hukumnya. Hal tersebut juga untuk menciptakan kondusifitas menjelang Pilkada serentak 2018.

“Kami mengemas ini dengan inovasi yang cukup menarik, yakni Nelayan Sahabat Polair Polres Ciamis. Dari jargon ini, nelayan maupun warga di pesisir kita jadikan agen atau mitra untuk melaksanakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Sehingga, Polair akan lebih mudah memonitor situasi yang terjadi di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Selain itu, AKP Samuji menambahkan, ia meminta kepada masyarakat pesisir untuk tidak canggung lagi kepada Kepolisian untuk berkoordinasi apabila ada hal-hal yang mengganggu masyarakat. Ia mengatakan masyarakat sebisa mungkin cepat melaporkannya ke Polisi agar ditindaklanjuti.

“Kita harapkan kondusifitas di wilayah perairan tetap terjaga, apalagi menjelang Pilkada 2018. Sekali lagi, jangan segan dan canggung untuk berkoordinasi dengan kami,” pungkasnya.

Sementara itu, Emin, salah seorang nelayan, mengatakan, dirinya merasa aman dan nyaman setelah adanya jalinan komunikasi langsung dengan aparat Kepolisian dari Polair Pangandaran. Hal itu tentunya akan berdampak pada ketenangan para nelayan dari berbagai gangguan-gangguan yang tidak diharapkan.

“Kami dari para nelayan sudah tentu siap untuk mengamankan dan mensukseskan Pilkada 2018 ini. Semoga saja kondusifitas tetap terjaga sampai Pilkada selesai,” ujarnya. (Ntang/Koran HR)

KOMENTAR ANDA