Jangan Minum Kopi Waktu Sahur! Ini Dampaknya

Minum kopi di waktu sahur bisa mempengaruhi kondisi kita saat puasa. Photo: Net/Ist.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Jangan sembarangan memilih menu sahur. Selain makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak, hal lain yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi di waktu sahur adalah minum kopi.

Dikutip dari HealthLiputan6.com, Selasa (22/05/2018), Spesialis Gizi dari Youvit for Life, Rachel Olsen, mengatakan, larangan tersebut dikarenakan kopi punya sifat diuretik yang menyebabkan orang lebih sering buang air kecil.

Ketika orang sering kencing saat berpuasa maka berisiko mengalami dehidrasi. Sementara orang yang mengalami dehidrasi harus segera mengganti cairan yang hilang itu. Kopi juga bisa membuat orang lebih sadar. Sedangkan, sesudah sahur itu ada baiknya tidur sebentar sebelum memulai aktivitas pada pagi harinya.

“Kalau kita minum kopi saat sahur, justru kita malah tidak bisa tidur lagi. Bila kita benar-benar ingin minum kopi, sebaiknya jangan di waktu sahur, tapi di waktu berbuka. Namun, itu pun ada aturannya,” terang Rachel.

Dia juga menganjurkan untuk memilih kopi yang rendah kafein. Memang susah mencarinya, tapi hal itu bisa disiasati dengan cara memperbanyak air, menambahkan susu rendah lemak, atau bisa ditambahkan dengan susu almond.

“Jadi kopinya sedikit saja, yang penting ada rasa kopinya. Karena, efek kafein pada kopi bisa terjadi selama 24 jam. Kalau kita minum kopi saat sahur, maka dampak dari efek kafein kemungkinan baru ‘berhenti’ saat sahur esokan harinya,” kata Rachel. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar