Jangan Panik, Ini Cara Menangani Anak Tersengat Lebah

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Meski umumnya tidak membahayakan, akan tetapi jika tersengat lebah akan membuat panik dan terasa sakit. Bahkan, setelah tersengat akan mengalami pembengkakan.

Lantas bagaimana jika yang tersengat lebah anak kecil? Pastinya dibutuhkan reaksi cepat untuk mengatasi supaya anak tidak nangis.

Dikutip dari Romper, langkah pertama untuk mengatasi anak tersengat lebah ialah tidak boleh panik. Apabila sudah tenang, keluarkan sengat lebah tersebut pelan-pelan.

Biasanya lebah yang menyengat itu akan meninggalkan sengatnya yang mengandung racun namun dalam jumlah kecil di kulit yang tersengat.

Racun tersebut mempunyai kandungan protein, sehingga itulah yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit serta menjadi bengkak. Namun apabila sengat lebah tersebut tidak segera dicabut, maka makin lama stinger tetap di kulit kemungkinan besar akan mengalami pembengkakan.

Untuk mengetahui sengat lebah masih ada atau tidak, bisa di lihat di tempat kulit yang tersengat. Umumnya sengatan lebah akan kelihatan titik hitam, yang sekitar kulit tersebut berwarna merah serta bengkak.  

Bagaimana mengeluarkan sengat lebah tersebut? Untuk mengeluarkan sengatannya, yaitu dengan menggoresnya menggunakan benda yang datar dan keras, bisa kartu ATM atau kredit.   

Dan sebaiknya hindari memakai pinset, karena malah akan menyebarkan racun dari sengat lebah ke seluruh kulit.

Mengeluarkan sengat lebah pada bayi memang akan sulit, karena pastinya akan terus menangis dan tidak akan diam. Untuk itu, agar tidak melukai bayi kesayangan Anda, sebaiknya minta pertolongan orang lain untuk memenangkan atau menggendongnya.

Jika sengatan lebah sudah keluar, obati kulit yang tersengat itu agar rasa sakit serta bengkak berkurang. Atau bisa dengan mencuci wilayah kulit tersebut dengan menggunakan sabun serta air.

Bisa juga dengan cara mengompres menggunakan es batu yang dimasukkan ke dalam handuk atau kantung plastik di bagian kulit yang tersengat lebah dalam jangka waktu kurang lebih 15 menit.

Cara lainnya dengan mengoleskan pasta baking soda serta air di kulit yang tersengat, tujuannya untuk mengeluarkan sisa racun lebah tersebut. Pakai pasta tersebut sedikit saja, kemudian bilas dengan air dan keringkan memakai handuk halus. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA