Jelang Bulan Ramadhan, Warga Desa Jajawar Banjar Gelar Tradisi Ngikis

Tradisi Ngikis yang dilakukan warga Desa Jajawar, Kecamatan Banjar saat menjelang bulan Ramadhan. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, masyarakat Desa Jajawar, Kecamatan Banjar, Jawa Barat menggelar kegiatan tradisi Ngikis di Situs Cagar Budaya Dalem Margayuda Desa Jajawar, Kamis (10/05/2018).

Ngikis yang merupakan kegiatan tahunan ini, dihadiri sesepuh Kota Banjar, dr. H. Herman Sutrisno, Ketua DPRD Dadang R Kalyubi, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat serta masyarakat setempat. Sayang, dalam kegiatan ini tidak dihadiri Kepala Desa serta Sekretaris Desa Jajawar.

Meskipun begitu, lantunan dzikir dan shalawat  terdengar menggema di lokasi situs budaya tersebut selama kegiatan berlangsung. Sehingga, suasana terasa khidmat.

Dadi, tokoh masyarakat setempat, mengatakan, bahwa Ngikis merupakan kegiatan yang digelar setiap tahun menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Kegiatannya, berupa bersih-bersih makam leluhur dan kemudian menggelar do’a bersama.

“Intinya dalam kegiatan Ngikis ini adalah untuk memagar diri supaya kita bisa berbuat baik selama berpuasa pada Bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, bahwa dalam kegiatan ini untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga atau masyarakat. Selain itu, juga untuk melestarikan kebudayaan.

Usai acara, seluruh warga yang hadir melakukan makan bersama (botram) dengan beraneka makanan yang dibawa dari rumahnya masing-masing. (Hermanto/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar