Kabar Terbaru, Kata Ilmuwan Minum Kopi Bisa Cegah Kanker Usus Besar

Minum kopi bisa mencegah kanker usus besar. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Kabar gembira bagi para pecinta kopi. Ilmuwan dari UT Southwestern Medical Center’s Simmons Cancer Center, mengungkap bahwa minum kopi bisa mencegah kanker usus besar. Seperti dilansir Natural News beberapa waktu lalu.

Penelitian ini yang dilakukan para ilmuwan terhadap 8.500 orang, terdiri dari 5.000 penderita kanker usus besar dan 3.500 orang yang tidak mengalami kanker. Hasil penelitiannya, mereka yang biasa minum kopi memiliki risiko lebih rendah 30 persen terkena kanker usus besar.

Penelitian tersebut juga membuktikan, semakin banyak kopi yang dikonsumsi, maka semakin rendah pula kemungkinan terkena kanker usus besar. Bagi mereka yang minum satu sampai dua cangkir kopi setiap harinya memiliki risiko terkena kanker 22 persen lebih rendah. Sedangkan, mereka yang minum lebih dari dua setengah cangkir kopi per hari punya risiko 59 persen lebih rendah terkena kanker usus besar.

Berdasarkan hasil penelitiannya, para ahli pun berpendapat bahwa dalam kondisi normal, kopi akan cepat melintasi usus besar. Ini menyebabkan karsinogen potensial (zat pemicu kanker) yang ada pada kopi tidak diserap tubuh. Selain itu, senyawa pada kopi juga dipercaya memiliki sifat pencegah kanker.

Bahkan, tak hanya kanker usus, kopi juga dipercaya bisa mengurangi risiko kanker prostat, kulit, hati, dan kanker payudara. Minum kopi pun bisa menurunkan risiko terkena asam urat, batu empedu, sirosis, serta diabetes tipe-2.

Kalau di California, Amerika Serikat, penjualan kopi mesti disertai dengan label peringatan kanker, karena mereka beranggapan biji kopi yang dipanggang mengandung produk sampingan, yaitu akrilamida yang mungkin bersifat karsinogen.

Meski begitu, peneliti dari Simmons Cancer Center tetap optimistis atas studi yang mereka lakukan mengenai kopi yang bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Saat ini konsumsi kopi di Amerika Serikat mengalami peningkatan. Ada sebanyak 64 persen orang dewasa di negara tersebut mengkonsumsi setidaknya secangkir kopi setiap harinya. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA