Kapolres Ciamis Terjun Langsung Pimpin Pengamanan Gereja

Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, saat memimpin pengamanan kegiatan ibadat rutin Kebaktian Umum Umat Kristiani di salah satu gereja di wilayah Ciamis kota, Minggu (26/05/2018) pagi. Foto: Istimewa/Humas Polres Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kapolres Ciamis AKBP Bismo Teguh Prakoso, memimpin langsung pengamanan kegiatan ibadat rutin Kebaktian Umum Umat Kristiani di sejumlah gereja yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, Minggu (26/05/2018) pagi. Selain aparat kepolisian, pengamanan itupun dibantu oleh Ormas Banser NU dan Anshor Kabupaten Ciamis.

Di sela-sela pengamanan di salah satu gereja, Kapolres mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya jajarannya dalam rangka menjalin sinergitas dan silaturahmi dengan pihak gereja dan jamaah serta mengantisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

“Intinya kami ingin memberikan kenyamanan, keamanan dan ketenangan bagi umat kristiani dalam melakukan ibadah kebaktian. Kami pun mengucapkan terima kasih kepada ormas yang ikut membantu pengamanan ini,” ujarnya.

Menurut Kapolres, pengamanan Gereja bukan dilakukan pada hari ini saja. Tetapi, pengamanan akan terus dilakukan atau rutin setiap ada kegiatan di Gereja.

Di tempat yang sama, Kabg Ops Polres Ciamis Kompol Iskandar Hartana, mengatakan, pengamanan tak hanya dilakukan di gereja yang barada di wilayah Ciamis kota saja, tetapi hal yang sama pun dilakukan di beberapa wilayah kecamatan lainnya. “Selain personil dari Polres Ciamis, dalam pengamanan inipun dibantu anggota Polsek dan TNI serta anggota ormas Banser dan ormas Anshor,”ujarnya.

Menurut Iskandar, pengamanan diantaranya dilakukan di Gereja Katolik St. Yohanes Pembaptis Ciamis, Gereja Panthekosta Jl.Ir. H. Juanda No. 23 Kab. Ciamis, Gereja GKI Ciamis Jln Ir. H. Juanda No. 270 Kab. Ciamis, Gereja Kristen Kerasulan Indonesia (GKKI) Dsn. Citamiang Ds. Cintaratu Kec. Lakbok Kab. Ciamis, Gereja Kristen Pasundan Rt. 23 Rw. 13 Dsn. Cinyenang Ds. Sidamulya Kec. Cisaga Kab. Ciamis dan Gereja Maranatha, Jl. Raya Babakan Ds. Babakan Kec./ Kab. Pangandaran. (R2/HR-Online)