Ingin Sehat? Hindari Kebiasaan Buruk Ini Setiap Pagi Hari

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Pola hidup yang kita lakukan sehari-hari sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Seperti halnya rutinitas bangun tidur di pagi hari, apakah sudah menerapkan pola hidup yang sehat atau malah sebaliknya.

Lantas apa saja pola hidup yang tidak sehat setelah bangun pagi hari? Berikut ini penjelasannya yang dirangkum HR Online dari berbagai sumber.

# Kurang paparan sinar matahari  

Untuk yang pekerja kantoran biasanya tidak ada waktu untuk berjemur di bawah paparan sinar matahari pagi hari, karena tidak waktu untuk melakukan hal tersebut dan takut terlambat masuk kantor.   

Padahal, berjemur di bawah sinar matahari pagi hari sangat bagus untuk kesehatan. Berjemur di pagi hari selama kurang lebih 20 sampai 30 menit, sangat membantu untuk kesehatan tulang.

Selain itu, manfaat lainnya yaitu sebagai penunjang tubuh mengatur nafsu makan, energi, serta metabolisme. Apalagi ditambah dengan berolahraga.

# Kurang minum air putih

Dijelaskan Leslie Bonci, seorang Direktur Nutrisi Olahraga dari University of Pittsburgh, saat tubuh kita kekurangan cairan maka akan berpengaruh terhadap mood, kemudian timbul perasaan bingung, serta cepat cape.

Untuk itu, biasakan lah minum air putih sebanyak 3 gelas di pagi hari sebelum beraktivitas lainnya. Dampaknya, tidak akan terkena dehidrasi dan akan merasakan lebih bahagia, segar serta energik.

# Melewatkan sarapan

Sebuah studi di Inggris mengungkap, bahwa kebiasaan sarapan di pagi hari bisa menambah energi untuk sepanjang hari. Jadi jika ketinggalan atau tidak sempat dan melewatkan sarapan pagi hari, maka akan berpengaruh terhadap rutinitas di tempat kerja.

Saran para ahli, supaya menu sarapannya yang mengandung karbohidrat serta protein. Dengan catatan jangan terlalu banyak porsinya.

# Kurang protein

Dampak dari kurangnya protein yaitu cepat lelah serta susah untuk konsentrasi. Akibatnya, dengan tubuh yang lelah maka fungsi jaringan otot tidak akan bekerja secara optimal. Pasalnya, protein sangat membantu dalam pembentukan massa otot. 

Seorang konsultan kesehatan, Mike Roussell menyarankan, sebaiknya sebelum berangkat kerja makanlah protein paling sedikit 30 gram setiap hari. Protein tersebut bisa diperoleh dari 3 butir telur dengan ditambah makanan oatmeal.

Bisa juga menu sarapan pagi hari selain telur tersebut bisa juga ditambah atau diganti dengan dengan minuman susu atau Entrasol. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar