Kenaikan Harga Daging Ayam di Ciamis Beratkan Konsumen

Penjual ayam potong di Pasar Manis Ciamis. Foto: Heri/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Di Bulan Ramadhan kali ini, harga daging ayam potong di Pasar Manis Ciamis mengalami kenaikan. Semula, harga daging ayam berkisar Rp. 35 ribu perkilogram, sedangkan di bulan ini harganya mencapai Rp. 42 ribu perkilogram.

  1. Edi , penjual ayam potong di Pasar Manis Ciamis, ketika ditemui Koran HR, Selasa (22/05/2018), membenarkan kenaikan harga daging ayam potong. Menurut dia, kenaikan harga ayam berkisar Rp. 7 ribu perkilogram.

“Meski permintaan masih normal, bahkan cenderung turun, saya prediksi harganya akan terus naik. Konsumen masih pelanggan lama. Dan kalau tidak turun (harga), pedagang akan kesulitan menjual,” katanya.

Kepada Koran HR, Edi mengaku tidak mengtahui secara pasti penyebab naiknya harga daging ayam potong di pasaran saat ini. Tapi dia menduga hal itu disebabkan karena kurangnya pasokan daging ayam.

“Sepertinya pasokan ayam kosong, apalagi yang ukuran kecil,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Santi (39), warga Ciamis, ketika dimintai tanggapan, Selasa (22/05/2018), mengaku kenaikan harga daging ayam di pasaran memberatkan dirinya. Apalagi, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi kebutuhan pokok lainnya.

“Kalau semuanya pada naik, ya beratlah. Pemerintah harus bisa mengontrol harga,” tutupnya.

Santi menuturkan, selain daging ayam, kenaikan harga juga terjadi pada komoditi bawang merah, cabai merah dan cabai rawit. Menurut dia, harga bawang merah saat ni berada di kisaran Rp. 36 sampai 38 ribu perkilogram. Sedangkan cabai merah sudah menembus harga Rp. 55 ribu. (Heri/Koran HR)

KOMENTAR ANDA