Makanan Ini Diklaim Bisa Menambah Energi

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Salah satu faktor tidak semangat saat bekerja adalah kelelahan. Rasa lelah tersebut biasanya disertai dengan kantuk, lemas dan tidak bergairah atau mood.

Untuk memulihkan atau memicu kembali semangat akibat kelelahan bisa dengan melakukan istirahat, atau merubah pola makan.

HR Online merangkum dari berbagai sumber, makanan yang diklaim bisa memberikan stimulan atau menambah energi.

# Lemon

Lemon yang kaya akan kandungan vitamin C kurang lebih 40 % dan rendah kalori diyakini bisa menambah energi untuk menghadapi aktivitas sehari-hari. Energi tersebut bersumber dari sari buah lemon, bisa dengan cara dibikin jus yang diminum setiap pagi sebelum beraktivitas.

# Biji chia

Menurut ahli gizi dari Foodtrainers di New York, Amerika Serikat, Dr Carolyn Brown, bahwa biji chia yang mempunyai perbandingan lemak, protein serta serat yang baik, bisa menstabilkan energi. Selain itu, biji chia juga rendah akan karbohidrat.

# Kacang-kacangan

Salah satu makanan yang mempunyai serat sangat baik yaitu kacang-kacangan. Sehingga tidak salah jika kacang-kacangan mampu menyuplai energi sampai jangan waktu lama. Selain itu, memakan kacang-kacangan tidak perlu khawatir kadar gula naik.

Kacang-kacangan yang kaya protein ini menjadi alternatif terbaik buat yang anti makanan yang bersumber dari daging.

# Bayam

Biasanya rasa lelah timbul akibat sedikitnya zat besi yang ada di tubuh. Karena, zat besi membantu sel darah merah mengalirkan oksigen ke bebarapa bagian tubuh. Untuk itu, makan bayam bisa menghilangkan kelelahan, karena sayuran hijau ini diyakini sumber dari zat besi.

Kandungan yang ada di dalam bayam sendiri diantaranya magnesium, mineral penting yang dapat menambah energi.

# Telur

Menu makanan yang tidak akan terlewatkan oleh seorang binaragawan adalah telur. Telur adalah makanan terbaik untuk yang suka melakukan aktivitas keras serta memerlukan energi yang sangat besar.

Asam amino yang ada dalam telur sangat berguna untuk mendongkrak kinerja otot dalam memakai glukosa. Selain itu, telur juga kaya akan protein, besi, antioksidan dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh.

# Oatmeal

Menurut ahli gizi dari Las Vegas, Amerika Serikat, oatmeal merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung serat larut. Serat yang bisa bertahan sampai lama di dalam perut ini lah yang sebagai penyuplai energi, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas sepanjang hari.

# Cokelat hitam

Salah satu antioksidan terbaik adalah cokelat hitam. Dikutip dari Reader’s Digest, cokelat hitam sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering kelelahan. Pasalnya, makanan ini bisa menimbulkan energi yang sumbernya dari kalori namun batasnya aman. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA