Masih Remaja Tapi Rambut Sudah Beruban, Ini Penyebabnya

Remaja beruban. Photo: Ilustrasi/Net.

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Berubahnya warna rambut menjadi putih atau biasa disebut beruban merupakan hal yang wajar seiring bertambahnya usia. Tapi, bila ubah tumbuh pada mereka yang usianya masih remaja, hal ini tentunya menjadi masalah.

Dilansir Medicalnewstoday, ada 5 hal yang bisa mempengaruhi rambut menjadi putih, khususnya pada remaja berusia sekitar 20 tahunan. Berikut ini penjelasannya;

Kurang vitamin

Kekurangan vitamin seperti vitamin B-6, B-12, vitamin D dan E, serta biotin ternyata bisa menjadi penyebab memutihnya rambut lebih awal. International Journal of Trichology melaporkan, bahwa sebuah studi yang dilakukan tahun 2016 menemukan kadar feritin, vitamin, dan kolestrol, baik HDL-C yang rendah dapat menimbulkan tumbuhnya uban lebih awal pada remaja.

Genetika

Tumbuhnya uban pada usia remaja tidak hanya tejadi akibat kekurangan vitamin, namun faktor genetika atau faktor keturunan juga bisa mempengaruhi memutihnya rambut lebih awal.

Stres oksidatif

Stres oksidatif adalah keadaan jumlah radikal bebas dalam tubuh yang melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya. Hal ini menjadi penyebab utama penuaan dini. Karena, terlalu sering mengalami stres oksidatif bisa mendorong perkembangan penyakit, termasuk vitiligo atau kondisi pigmen pada kulit. Vitiligo juga bisa membuat rambut memutih akibat hilangnya fungsi sel atau matinya sel melanin.

Merokok

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 menunjukkan kebiasaan buruk seperti merokok dapat mempengaruhi penuaan dini. Dalam hal ini, perokok 2,5 kali lebih memungkinkan beruban sebelum menginjak usia 30 tahun.

Pewarna rambut

Buat kamu yang sering ganti warna rambut dengan menggunakan pewarna, sepertinya harus berhenti melakukan hal itu, jika kamu tak mau mengalami penuaan dini. Pasalnya, banyak pewarna rambut yang mengandung zat berbahaya bagi melanin pada rambut. Salah satunya zat hidrogen peroksida yang bisa menyebabkan rambut beruban. (Eva/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar