Mengisi Bulan Suci, YRBK Banjar Gelar Kegiatan Literasi

Panitia kegiatan Literasi Ramadhan yang digelar YRBK Kota Banjar. Photo: Muhafid/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Buku Nasional (Harbuknas), Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) Kota Banjar, akan menggelar berbagai kegiatan literasi berupa kegiatan perlombaan, yang diikuti peserta mulai dari tingkat PAUD/TK hingga tingkat SLTA se-Kota Banjar.

Ketua Panitia, Muhamad Raka Priyatama, mengatakan, Harbuknas yang jatuh pada 17 Mei 2018 nanti bertepatan dengan awal bulan suci Ramadhan. Dengan hari yang sangat istimewa itu, terutama bagi pegiat literasi, maka pihaknya dan pegiat literasi yang ada di Banjar, bersama-sama akan mengisi waktu-waktu tersebut untuk dimanfaatkan dalam kegiatan-kegiatan edukatif bagi para pelajar se-Kota Banjar.

Pada pelaksanaannya nanti, ada lima rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangkaian Literasi Ramadan ini. Pertama, workshop menulis kreatif untuk para guru di Kota Banjar.

Kedua, lomba menulis surat tingkat SLTA dengan tema spesial tentang Pilkada Banjar, yaitu bagaimana harapan-harapan pemilih pemula kepada calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan dipilih pada Pilkada tahun ini.

Ketiga, lomba Review Buku Islami bagi para siswa-siswi SLTP. Keempat lomba bercerita tentang kejujuran dan cerita keIslaman (Islamic Storytelling) tingkat Sekolah Dasar (SD), dan kelima, lomba mewarnai kaligrafi untuk para siswa TK dan PAUD.

“Kita berupaya mengajak semua kalangan, semua tingkatan siswa, guru dan pegiat literasi untuk terlibat dalam kegiatan literasi selama bulan Ramadan nanti,” terang Raka, yang juga relawan Perpustakaan Jalanan, saat ditemui Koran HR, Selasa (15/05/2018).

Sementara itu, Ketua Yayasan RBK, Siti Maroah, menyebutkan, dalam rangkaian agenda Literasi Ramadan tahun ini mengusung tema “Mengisi Bulan Suci dengan Giat Literasi.” Menurutnya, budaya membaca dan menulis atau Budaya Literasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Begitu pentingnya budaya literasi, Allah SWT menyampaikan firman pertama dalam Al-Qur’an dengan kata “Iqra,” yakni perintah untuk membaca.

“Namun sayangnya, budaya literasi kita saat ini tergolong masih rendah. Karena itu kita akan terus mendorong peningkatan budaya literasi dengan berbagai cara, terutama dengan memanfaatkan bulan suci Ramadhan sebagai Bulan Literasi,” kata Siti.

Pendiri Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK), Sofian Munawar, menambahkan, bahwa sinergitas aktifitas literasi dalam rangka memperkuat dan meningkatkan budaya literasi di Kota Banjar sangat penting. Karena itu, Sofian mendorong agar kegiatan Literasi Ramadhan tahun ini dilakukan secara sinergis dan bersama-sama antara para pegiat literasi di Kota Banjar.

Dia juga mengatakan, kepanitiaan kegiatan Literasi Ramadhan tahun ini melibatkan para relawan RBK, relawan Perpustakaan Jalanan, relawan Kampung Baca Buku (KababuK), dan para pelajar pegiat literasi dari sejumlah sekolah di Kota Banjar.

“Alhamdulillah, dengan kepedulian bersama, kita optimis budaya literasi di kalangan para pelajar di Kota Banjar ini akan terus meningkat. Ini tentu perlu terus didorong bersama, baik oleh pemerintah maupun komunitas literasi masyarakat,” pungkas Sofian. (Muhafid/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar