Panwaslu Pangandaran Gandeng Penyandang Disabilitas Berpartisipasi dalam Pengawasan

Sosialisasi pengawasan partisipatif kepada penyandang disabilitas oleh Panwaslu Pangandaran. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pangandaran menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif Pilgub Jabar 2018 bagi penyandang disabilitas di salah satu hotel di Pangandaran, Sabtu (05/05/2018) kemarin. Kegiatan yang dihadiri para pembimbing disabilitas serta para aktivis dari aliansi perempuan disabilitas dan lansia itu juga dihadiri KPU Pangandaran.

Ketua Panwaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan, mengatakan, bahwa pihaknya mengajak kepada masyarakat, khususnya dari disabilitas untuk tidak hanya memilih saja. Akan tetapi mereka juga diharapkan mengetahui para calon dari visi dan misinya serta berpartisipasi aktif dalam pengawasan.

“Daftar pemilih tetap dari disabilitas angkanya tahun ini meningkat dua kali lipat sebanyak 1.451 hak pilih yang sebelumnya sekitar 721 hak pilih. Ini menandakan adanya perkembangan dan pendidikan politik yang bagus sangat penting untuk mensosialisasikannya. Sebab, ini bukan hanya tanggungjawab KPU maupun Panwaslu, melainkan ini tugas kita semua,” kata Iwan.

Iwan menambahkan, selain partisipasi untuk memilih, para penyandang disabilitas juga didorong aktif berpatisipasi dalam pengawasan, seperti menyampaikan yang belum terdata di DPT untuk melaporkannya kepada Panwaslu sebagai penyelenggara.

“Kami hanya memastikan aksebilitas disabilitas untuk ikut memilih itu mudah, tahapan yang juga harus mudah dipahami, serta memastikan pemilih bebas memilih dan kerahasiaannya terjamin, punya hak yang sama dan harus memiliki kepercayaan diri jangan mudah dipengaruhi,” pungkas Iwan Yudiawan. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA