Pebulu Tangkis Asal Banjar Ini Bawa Tim Thomas Indonesia Juara Grup B

Firman Abdul Kholik. Foto : net/ist

Berita Olahraga, (harapanrakyat.com),- Pebulu tangkis asal Kota Banjar, Jawa Barat, Firman Abdul Kholik, berhasil membawa Indonesia menjadi juara Grup B Piala Thomas 2018, di Impact Arena, Thailand, Rabu (23/5/2018) malam WIB.

Tim Thomas Indonesia juara grup setelah mengalahkan Korea Selatan 3-2. Sebelumnya Indonesia juga berhasil membungkam Kanada 5-0 dan tim Thomas tuan rumah Thailand 4-1.

Firman yang turun di partai terakhir atau tunggal ketiga berhasil mengalahkan wakil Korea Selatan, Ha Young Woong, dengan skor 20-22, 21-15, dan 21-12, dalam waktu 65 menit.

Pada partai penentuan tersebut, Firman mengawali pertandingan dengan bermain snagat bagus. Terlihat mampu unggul jauh dari Ha Young Woong 20-12 di set pertama. Namun, karena hilang konsentrasi dan sering melakukan kesalahan sendiri, akhirnya pemain Korea itu berhasil menikung dan memenangi pertandingan.

Set kedua berjalan seperti set pertama. Firman berhasil unggul jauh dari Ha Young Woong. Belajar dari set pertama, Firman mengurangi kesalahan sendiri, dan menyudahinya dengan skor 20-15.

Set ketiga atau penentuan, Firman tampil lebih impresif dan terus menekan. Sampai interval pertama Firman unggul 11-8 dan berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor 21-12.

Dengan kemenangan atas Korea Selatan dan menjadi juara Grup B, memastikan Tim Thomas Indonesia terhindar dari unggulan pertama China dan Jepang yang sudah memastikan ke perempat final dan menjadi juara Grup A serta C.

Sementara unggulan kedua Denmark masih akan bertanding dengan Malaysia untuk memperebutkan siapa juara di Grup D.

Sebelumnya, Indonesia tertinggal terlebih dulu setelah pada partai pertama tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting kalah dari SON Wan Ho, dengan skor 20-22 20-22.

Namun berhasil disamakan 1-1 oleh ganda putra terbaik Indonesia yang juga peringkat 1 BWF, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, setelah mengalahkan Chung Eui Seok/Kim Won Ho dengan skor akhir 21-11 14-21 21-10.

Korea unggul lagi 2-1 ewat tunggal keduanya, HEO Kwang Hee, yang mengalahkan Jonatan Christie, 21-17 dan 21-19. Ganda ‘veteran’ Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan berhasil menyamakan 2-2. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA