Peneliti Jepang Sebut Sidat Pangandaran Terbaik di Indonesia

Ikan Sidat. Foto: net/ist

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com), Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran menyebutkan kandungan gizi ikan sidat (Anguilla marmorata, Anguilla bicolor) merupakan yang terbaik di Indonesia. Karena hal itu, potensi tersebut menjadi daya tarik sendiri untuk bagi pelaku usaha baik di dalam maupun di luar negeri.

Wawan Kustiman, Sekretaris DKPKP Pangandaran, mengatakan, bahwa peneliti asal Jepang pernah melakukan penelitian di sejumlah titik di Pangandaran untuk mengetahui potensi pengembangan sidat. Alhasil, di Pangandaran potensi pengembangan budidaya sidat sangat baik dan dipredisksi tidak akan pernah mengalami kepunahan.

“Sidat kalau di Jepang itu menjadi makanan favorit, apalagi kandungan gizinya sangat bagus. Maka dari itu, potensi ini sangat baik sekali jika dimanfaatkan,” kata Wawan.

Bahkan, Wawan menambahkan, untuk harga menu ikan sidat di Jepang juga terbilang mahal. Pasalnya, menu tersebut biasa disajikan dan dipasarkan di rumah makan kelas elit.

“Hasil diskusi kami dengan ahli pakar gizi Jepang, sidat memiliki kandungan asam amino essensial yang bermanfaat untuk mengaktifkan hormon dalam tubuh. Selain itu, sidat juga bisa meningkatkan stamina dan baik sekali untuk mengoptimalkan fungsi otak,” pungkasnya. (Mad2/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar