(Pilkada Ciamis) Hari Ini KPU Gelar Debat Kandidat Calon Bupati-Wakil Bupati

Ilustrasi Debat Kandidat. Foto: Istimewa/Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, akan menggelar acara debat kandidat pasangan calon bupati-wakil bupati Ciamis yang digelar di Gedung Islamic Center Kabupaten Ciamis, Selasa (08/05/2018) pada pukul 13.00 WIB. Dalam debat kali ini, KPU akan mendatangkan para akademisi Perguruan Tinggi dari Kota Bandung dan Tasikmalaya yang ditunjuk sebagai penelis.

Anggota KPU Kabupaten Ciamis, Didi Heryadi, mengatakan, pihaknya akan membatasi jumlah penonton yang bisa hadir di ruangan debat kandidat. Yang bisa masuk ke ruangan debat, yakni para pendukung pasangan calon dengan jumlah yang ditentukan, para tamu undangan dan awak media yang jumlahnya dibatasi.

“Di luar area gedung pun kami akan memasang layar untuk para pendukung dan masyarakat yang ingin menyaksikan jalannya debat. Selain itu, acara debat kandidat inipun akan disiarkan secara langsung di salah satu TV lokal dan tiga radio lokal asal Ciamis. Jadi, masyarakat yang ingin menonton acara debat, bisa dilakukan di rumah melalui layar televisi atau siaran radio,”ujarnya, kepada HR Online, Senin (07/05/2018).

Didi mengatakan pihaknya mendatangkan para penelis dari Perguruan Tinggi luar daerah bertujuan guna menjaga independensi. “Namun, bukan berarti akademisi dari Ciamis tidak independent. Hanya, kalau akademisi dari Ciamis setidaknya mereka sudah saling mengenal dengan pasangan calon. Nah, kalau akademisi dari luar daerah, kecil kemungkinan mereka mengenal dengan pasangan calon. Jadi, langkah ini sebagai upaya agar acara debat kandidat berjalan dengan fair,” ungkapnya.

Acara debat kandidat ini, kata Didi, akan dijaga oleh 1000 petugas gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan. Menurutnya, diterapkannya penjagaan super ketat dalam acara ini guna menjaga keamanan dan kelancaran selama debat kandidat berlangsung. (R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA