(Pilkada Ciamis) Timses Herdiat-Yana: Kubu Iing-Oih Harusnya Bantah dengan Data Survei Lagi

Ketua Tim Sukses (Timses) Pemenangan Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis Herdiat-Yana D Putra, Mamat Rahmat

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Ketua Tim Sukses (Timses) Pemenangan Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis Herdiat-Yana D Putra, Mamat Rahmat, menyesalkan adanya serangan opini yang dilakukan kubu pasangan calon Iing Syam Ariifin-Oih Burhanudin terhadap hasil survei yang dirilis LSI (Lingkaran Survei Indonesia) Denny JA terkait elektabilitas pasangan calon bupati-wakil bupati di Pilkada Ciamis. Menurutnya, apabila kubu Iing-Oih tidak percaya dengan hasil survei LSI, seharusnya tidak menyerang dengan opini, tetapi menunjukan data serupa sebagai bentuk perbandingan.

“Kalau membantah data riset, ya harus dibantah dengan data riset lagi. Tidak lantas harus menyerang, apalagi menyangsikan kredibilitas lembaga survei. Misalkan, kubu Iing-Oih memiliki data survei terkait elektabilitas calon bupati-wakil Bupati Ciamis yang dilakukan oleh lembaga survei Polmark, ya silahkan dipublis ke publik. Cara itu tentunya lebih elegan dan tidak menimbulkan kegaduhan politik,” katanya, kepada Koran HR, Selasa (15/05/2018).

Mamat juga meminta kubu Iing-Oih untuk menghargai data riset yang dikeluarkan oleh LSI. Karena, menurutnya, LSI sebagai lembaga survei yang kredibel dan memiliki sertifikat untuk melakukan riset di berbagai ajang Pemilu, tidak mungkin melakukan hal yang ceroboh atau melakukan manipulasi data.

“Mereka juga pastinya menjaga kredibilitasnya. Tidak mungkin mau melakukan manipulasi data. Karena mereka juga takut tidak lagi dipercaya publik,” tegasnya.

Mamat menegaskan pihaknya tidak ingin terlalu jauh menanggapi pernyataan dari kubu lawannya. Dia mengatakan lebih baik fokus melakukan pergerakan kampanye ketimbang meladeni serangan opini yang dilakukan lawannya.

“Kalau menurut riset LSI elektabilitas Herdiat-Yana sudah unggul 52 persen, justru bagi kami belum memenuhi target. Karena kami menargetkan Herdiat- Yana menang dengan persentase minimal di atas 56 persen. Artinya, kami harus bekerja keras lagi untuk mewujudkan kemenangan di angka tersebut,” tegasnya.

Namun begitu, Mamat mengatakan pihaknya sangat menghargai pernyataan yang dilontarkan oleh kubu Iing-Oih dalam membantah hasil survei yang dirilis LSI. “Silahkan saja kubu Iing-Oih mau mengeluarkan pernyataan apapun. Kami sangat menghargai. Namun, kami tidak mau menanggapi terlalu jauh, karena hanya buang-buang energi. Lebih baik kami fokus melakukan kampanye di masyarakat untuk memenangkan pasangan Herdiat-Yana,” katanya. (Bgj/Koran-HR)

Berita Terkait

(Pilkada Ciamis) Kubu Iing-Oih Sebut Hasil Survei LSI Unggulkan Herdiat-Yana Manuver Politik

(Pilkada Ciamis) LSI Denny JA Rilis Hasil Survei, Herdiat-Yana Unggul 52,3 Persen

(Pilkada Ciamis) Hasil Survei LSI Denny JA Sebut 52,5% Responden Ingin Bupati Baru

KOMENTAR ANDA

Komentar