Pjs Bupati Ciamis Ungkap Pentingnya Transparansi & Partisipasi Publik

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pjs Bupati Ciamis, Deddi Mulyadi, mengungkapkan tentang pentingnya transparansi dan partisipasi publik. Menurut dia, keduanya menjadi dasar bahkan tolok ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan. Dengan begitu, setiap kebijakan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Pjs. Bupati Ciamis, Deddi Mulyadi, terkait peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke 22 tahun 2018 bertajuk “Mewujudkan Nawa Cita melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis”, beberapa waktu lalu.

Deddi juga mengingatkan semua pihak untuk lebih meningkatkan penyelenggaraan Otonomi Derah (Otda) dengan bersih dan demokratis. Selain itu, penyelenggaraannya juga didasarkan pada aspek kelembagaan, bukan kehendak seseorang atau kelompok tertentu.

“Dengan demikian, penyelenggaraan Otonomi Daerah taat pada prinsip bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama di mata hukum,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Deddi juga menyosialisasikan tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). Menurut dia, GISA bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien, serta negara yang berdaya saing.

Deddi menambahkan, GISA memiliki empat program, diantaranya program sadar kepemilikan dokumen kependudukan, program sadar pemutakhiran data kependudukan, program sadar pemanfaatan data kependudukan sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan, dan program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar