Puluhan Pelajar Pingsan Saat Upacara Hardiknas di Banjar

Siswa yang mengalami pingsan saat mendapatkan pertolongan pertama dari petugas kesehatan. Foto: Hermanto/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 50 pelajar mengalami pingsan saat mengikuti upacara bendera saat memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapang Bakti Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (2/5/2018).

Para pelajar yang pingsan saat mengikuti upacara tersebut, langsung ditandu oleh tim medis dari Dinas Kesehatan Kota Banjar dan dibawa ke tenda kesehatan yang berada di dekat ambulan. Selain ditandu, ada pula yang dipapah oleh rekannya dan diantarkan ke tenda pelayanan kesehatan yang berada di belakang barisan.

“Jumlahnya kurang lebih 50 orang. Ini terjadi mungkin mereka belum sarapan (makan pagi) dari rumah, ditambah cuaca terik dan kondisi pelajar yang kelelahan. Sehingga banyak yang pingsan karena mengalami dehidrasi,” ujar Enjang, salah satu tim medis Dinas Kesehatan Kota  Banjar.

Para pelajar yang pingsan didominasi siswa Sekolah Dasar (SD) dan SMP. Sedangkan untuk siswa SMA atau SMK hanya beberapa orang saja.

Dari sekian banyak pelajar yang pingsan, satu di antaranya harus dibantu menggunakan alat penyuplai oksigen yang berada di ambulan. Setelah dilakukan pengobatan dan cukup istirahat, para peserta upacara yang pingsan mulai berangsur pulih.

“Alhamdulillah setelah mendapat pertolongan pertama, para pelajar yang pingsan tersebut mulai berangsur pulih,” pungkas Enjang. (Hermanto/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA