Refleksi Hardiknas, Bupati Pangandaran Bertekad Perkuat Pendidikan dan Kebudayaan

Bupati Pangandaran saat memberikan pernghargaan kepada guru berprestasi di sela-sela Hardiknas. Foto: Madlani/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun Parigi, Rabu (02/05/2018). Acara yang diikuti oleh ribuan guru dan siswa serta jajaran SKPD itu berlangsu khidmat.

Bupati Jeje Wiradinata, mengatakan, dalam refleksi Hardiknas ini Pemda terus berupaya mengembangkan di bidang kebudayaan serta pendidikan karakter, bahkan saat ini sudah berjalan dan terus berlangsung.

“Pendidikan menjadi fokus kita semua dan tanggung jawab Pemda hampir Rp. 30 miliar per tahunnya. Ini belum yang lainnya,” kata Jeje usai upacara kepada HR Online.

Sementara untuk guru honorer, lanjut Jeje, mendapatkan sebesar Rp. 3,6 juta pertahunnya. Meskipun belum besar, namun pihaknya terus melakukan upaya agar para pendidik di luar lingkup pemerintah bisa sejahtera, terutama di bidang keagamaan.

“Ada sekitar 500 guru yang belum mendapat apa-apa. Kita sedang komunikasi dan mudah-mudahan fiskal kita bagus,” imbuh Jeje.

Adapun untuk sukwan yang masuk kategori 2 (K2), Pemda Pangandaran masih terus menghitung pembagiannya, yakni dibagi menjadi tiga untuk guru, murid serta sarana dan prasarana yang memang sangat menunjang dalam proses belajar mengajar.

“Seperti guru, kita terus berusaha bagaimana meningkatkan kualitas kompetensinya. Sementara itu, dari pemerintah pusat memberikan sertifikasi guna peningkatan kapasitas. Sedangkan untuk siswa pemerintah langsung turun tangan untuk mendampingi PKH dan Dinsos agar program tersebut benar-benar tepat sasaran,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA