Satgas 323 Kostrad Sulap Lahan Tidur Jadi Produktif di Papua

Kebahagiaan warga Kampung Asiki saat memanen kacang bersama Satgas 323 Kostrad. Foto: Itsimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Senyum bahagia warga Kampung Asiki Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua setelah mereka bisa merasakan hasil panen kacang bersama Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323 Kostrad yang sebelumnya ditanam bersama-sama di lahan seluas 1,5 hektar. Hasil dari panennya pun cukup fantastis, mencapai 350 kilogram.

Komandan Kompi Markas Satgas 323, Lettu Inf Sumarna, menjelaskan, keberadaan tanah yang kini tengah dipanen tersebut sebelumnya adalah semak belukar yang disulap menjadi lahan yang produktif. Hal itu juga bagian dari hasil pemikiran Satgas Yonif Raider 323 untuk memanfaatkan lahan tidur di masyarakat.

“Satgas telah berkoordinasi dengan para tokoh masyarakat adat setempat tentang bagaimana caranya memanfaatkan tanah-tanah kosong yang ada agar lebih bermanfaat bagi kesejahteraan warga di sekitar Asiki. Beruntung kita mendapatkan respon positif dari pemuka adat setempat,” jelasnya.

Proses penanaman tanaman kacang ini, lanjut  Lettu Inf Sumarna, merupakan hasil gotong royong prajurit TNI dan warga sekitar. Maka dari itu, hasil dari panen ini sepenuhnya akan diserahkan kepada kelompok tani setempat untuk dijual.

“Seluruh hasil panen ini kami serahkan kepada para warga untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” tegas perwira asal Bandung ini.

Selain tanaman kacang, sebelumnya Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad juga telah berhasil melaksanakan panen raya berupa jagung bersama masyarakat. Di tempat lain, juga masih terdapat kebun cabe dan singkong yang diperkirakan akan panen pada pertengahan bulan depan.

Mama Regina, salah satu pemilik lahan, mengaku, dirinya diajak suaminya, Antonius Omba, untuk mengizikan lahannya digarap oleh Satgas 323 Kostrad. “Ini luar biasa sekali hasilnya, saya tidak menyangka bisa panen kacang sangat banyak,” kata Mama Regina dengan penuh senyum. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar