Satgas Raider 323 Kostrad Sumbang Sarana Sanitasi di Sekolah Papua

Satgas Raider 323 Kostrad saat bersama warga memasang sarana sanitasi di SDN Persiapan Menewa, Papua. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 323/BP Kostrad melakukan pemasangan talang dan tendon air yang digunakan untuk menampung air hujan di SD Negeri Persiapan Menewa, KM 60, Distrik Sesnuk, Kabupaten Boven Digoel, Papua, Jum’at (11/05/2018).

Perlu diketahui, kondisi lingkungan di lokasi tersebut dilanda kesulitan air bersih yang menyebabkan kualitas sanitasi. Lahan tandus serta intensitas hujan yang tidak menentu, membuat ketersediaan air di tempat tersebut kurang memadai.

Letnan Dua Inf Ari Surahman yang memimpin langsung kegiatan pemasangan alat penampung air bersama anggotanya, mengatakan, bahwa kegiatan pemasangan alat-alat tersebut menjadi salah satu alternatif untuk menyediakan air bersih di lingkungan sekolah tersebut. Sementara itu pihaknya menggandeng Pos KM 53 bersama warga di sekitar Camp KM 60 Distrik Sesnuk untuk membangun secara swadaya fasilitas umum ini.

“Sebelumnya, di sini masyarakat memanfaatkan air hujan warga hanya menggunakan drum-drum bekas dan sebagian sudah rusak dan bocor. Dengan adanya ini, diharapkan kualitas dan kuantitas air yang ditampung lebih baik lagi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Markus Butiop, seorang guru SD Negeri Persiapan Menewa, mengatakan, bahwa selama ini anak-anak sulit mendapatkan air bersih, terutama saat tiba di sekolah yang mana kaki dan tangan para siswa kotor penuh debu dan lumpur. Soalnya, jalan yang dilalui para siswa masih tanah.

“Dengan adanya tandon air ini, saya berharap sebelum masuk kelas anak-anak bisa membersihkan kaki dan tangan mereka terlebih dahulu,” jelasnya.

SD Negeri Persiapan Menewa merupakan sekolah yang hanya memiliki 4 ruang kelas dan memiliki siswa sebanyak 125. Di tengah kondisi sekolah yang serba terbatas, Satgas 323 Kostrad juga turut terjun sebagai tenaga pengajar. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA