Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad Meriahkan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Papua

Para siswa saat mengikuti perlombaan dalam memeriahkan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Kampung Asiki Papua. Foto: Istimewa

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dalam rangka memeriahkan Hari Raya Galungan dan Kuningan yang berlangsung di Kampung Asiki, Distrik Jair, Kabupaten Bouvendigul, Papua, Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad menggelar berbagai perlombaan dengan para siswa sekolah dasar.

Kegiatan yang bertujuan mengenalkan keberagaman di masyarakat meskipun wilayah mereka di perbatasan ujung timur ini, siswa-siswi tampak begitu antusias dalam mengikuti kegiatan yang biasa digelar setiap 210 hari dan berlangsung selama 10 hari itu.

Diketahui, Hari Raya Galungan merupakan hari suci umat Hindu yang berarti hari kemenangan dan kebaikan. Umat Hindu percaya, bahwa dewa-dewa sedang turun ke dunia dan kembali lagi ke khayangan di Hari Kuningan.

Pada pelaksanaan perlombaan tersebut, Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad bekerjasama dengan umat Hindu yang berada di Asiki. Sementara itu, perlombaan yang digelar di antaranya balap kelereng, joged bola, makan kerupuk serta lomba lainnya.

Bukheri, salah satu Pemuka Agama Hindu di Asiki, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad yang telah turut memeriahkan Hari Raya Galungan dan Kuningan di Asiki, terlebih mereka melibatkan anak-anak untuk lebih mengenal keberagaman melalui keceriaan dalam perlombaan.

“Kami sangat beterima kasih sekali kepada Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad. Meskipun sederhana, namun ini bagi kami sangat bermakna dan kami yakin pesan moral yang disampaikan kepada anak-anak akan berdampak baik ke depannya, terutama generasi bangsa yang toleran,” katanya. (Muhafid/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar