Selama Ramadhan, Sekolah di Ciamis Diminta Tingkatkan Kegiatan Keagamaan

Foto: Ilustrasi net/ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis meminta setiap sekolah untuk memperbanyak kegiatan keagamaan selama Bulan Suci Ramadhan tahun ini. Hal itu dilakukan agar peserta didik dapat memperdalam ilmu agama islam dan menumbuhkembangkan karakter, moralitas dan keimanan.

Kepala Disdik Kabupaten Ciamis, Dr. H. Wawan S Arifin, ketika ditemui Koran HR, Senin (21/05/2018), membenarkan, pihaknya sudah mengimbau setiap sekolah SD dan SMP untuk meningkatkan kegiatan keagamaan di Bulan Ramadhan tahun ini.

Selain itu, kata Wawan, pihaknya juga meminta para peserta didik untuk mengikuti kegiatan keagamaan di luar sekolah, seperti di pesantren, madrasah dan masjid yang ada di lingkungan rumah masing-masing.

Menurut Wawan, Bulan Ramadhan ini merupakan momen yang tepat untuk membentuk karakter peserta didik menjadi seorang muslim yang mu`min, istiqomah serta tetap menjungjung toleransi dan menjadi anak yang shaleh.

“Karena pendidikan keagamaan sangat penting sebagai pondasi moral siswa, tentunya juga harus didukung oleh semua pihak, terutama orang tua siswa,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wawan menegaskan, imbauan tersebut sudah disosialisasikan ke setiap sekolah melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

Di tempat terpisah, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Baregbeg, H. Dedi Koesmana, ketika ditemui Koran HR, Selasa (22/05/2018), menjelaskan, peningkatan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan Disdik Kabupaten Ciamis tersebut merupakan bagian dari penguatan karakter islami peserta didik.

“Intinya, para siswa dituntut untuk menguasai ilmu agama, seperti menghafal Juz Amma, Tadarus Al-Quran, bacaan dan gerakan shalat, serta belajar tentang ahlak. Tujuannya agar nanti kegiatan yang telah ditugaskan tadi dapat difahami, sehingga ada makna yang didapat pada kegiatan di Bulan Ramadhan tahun ini,” katanya.

Dedi berharap, kegiatan keagaman d Bulan Ramadhan kali ini bisa meningkatkan keimanan para peserta didik. Terkait konsep kegiatan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya urusan itu kepada pihak sekolah. (Heri/Koran HR)