Seni Lontang Ciamis Meriahkan Kegiatan Sambut Bulan Ramadhan

Penampilan Seni Lontang saat menyambut bulan suci ramadhan. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seni Lontang Paguyuban Tunas Seni Sunda asal Desa Purwaraja, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis memeriahkan kegiatan menjelang bulan suci Ramadhan yang digelar di desa setempat.

Diketahui, Seni Lontang merupakan kesenian ronggeng buhun yang saat hampir punah keberadaannya. Seni asal Ciamis ini berkembang di wilayah Kuta Kecamatan Tambaksari dan Kecamatan Rancah.

Wawan, sesepuh paguyuban, menerangkan, pementasan Seni Lontang tersebut merupakan bagian dari rasa syukur dalam menghadapi bulan suci Ramadhan dan juga atas keberhasilan seni Mabokuy yang mana meraih prestasi juara 1 tingkat Jabar di Sukabumi beberapa waktu lalu.

“Selain Seni Lontang tempo dulu kita pentaskan, Seni Tayuban juga turut memeriahkan acara ini,” katanya kepada HR Online, Sabtu (12/05/2018) lalu.

Wawan menambahkan, kesenian Lontang di Desa Purwaraja terdapat perbedaan dengan ronggeng yang biasa tampil di Ciamis. Perbedaannya juga sangat mencolok, yakni pada tarian yang dipadukan dengan berbagai jurus pada seni bela diri pencak silat.

“Dalam pementasannya, Seni Lontang dimulai saweran yang dilakukan oleh laki-laki tua yang menari dengan membawa soder. Dalam seni ini tidak ada penari ronggeng dari kalangan wanita, yang ada hanya gamelan sunda dan penari laki-laki,” pungkasnya. (Dji/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar