Tebing Sungai Citalahab Ciamis Jebol, Kebun & Sawah Milik Warga Terancam

Bronjong yang terpasang di Sungai Citalahab Blok Rancahoe, Dusun Tamansari, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, kini jebol dan mengancam keselamatan warga. Foto : Suherman/ HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Dibiarkan tanpa ada perawatan, bronjong yang terpasang di Sungai Citalahab Blok Rancahoe, Dusun Tamansari, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, kini jebol dan mengancam keselamatan warga. Selain itu, tebing Sungai Citalahab sepanjang lebih dari 30 meter juga longsor dan mengikis perkebunan serta merusak area pesawahan warga sekitar.

Kepala Dusun Tamansari, Desa Kertahayu, Kusnadi, kepada Koran HR, Selasa (08/05/2018), membenarkan kondisi Tebing Sungai yang terjadi di wilayahnya. Untuk memperbaikinya, pihaknya mengaku sudah mengajukan permohonan kepada Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy.

“Karena khawatir sesuatu hal terjadi, maka kami kemarin menghadap ke BBWS dan mengajukan permohonan agar kondisi ini segera ditangani. Mudah-mudahan pengajuan kami segera direalisasi,” katanya.

Menurut Kusnadi, jika kondisi tebing Sungai Citalahab tidak segera ditanggulangi, tidak menutup kemungkinan rumah warga akan terkena imbasnya. Pasalnya saat ini longsoran tebing sungai sudah menyeret perkebunan dan merusak area pewahan milik warga.

Hendra, warga Tamansari, ketika ditemui Koran HR, Selasa (08/05/2018), berharap Pemerintah Derah Kabupaten Ciamis bersama BBWS Citanduy segera turun tangan menanggulangi persoalan tersebut.

“Saya berharap pemerintah segera menanggulangi masalah ini. Karena jika dibiarakan, tidak menutup kemungkinan bencana lonsor akan terjadi. Dan tentunya mengancam jiwa kami yang ada disini,” katanya. (Suherman)

KOMENTAR ANDA

Komentar