Tingkatkan Minat Baca di Pangandaran, Irepam Dirikan Perpustakaan

Perpustakaan Irepam di Masjid Al Falah, Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Foto: Aceng/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Untuk meningkatkan minat daya baca masyarakat, Karang Taruna Dusun Pamagangan melakukan terobosan dengan membuat perpustakaan di Masjid Al Falah Pamagangan, Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Supendi Agusrina, salah satu tokoh pemuda setempat yang juga inisiator perpustakaan tersebut, mengatakan, di wilayahnya minat baca buku masyarakat masih cukup rendah, terlebih para remaja yang lebih suka bermain game online.

“Melihat keprihatinan itu, kami dari Ikatan Remaja Pamagangan (Irepam) memiliki ide membuka perpustakaan yang sudah diresmikan oleh Kepala Desa beberapa waktu lalu. Dengan kemampuan yang ada atau swadaya, kita terus berusaha semaksimal mungkin agar di sini minat bacanya tumbuh,” katanya kepada Koran HR, Senin (30/04/2018).

Keberadaannya yang di lokasi masjid, Supendi menambahkan, juga agar masyarakat semakin giat melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Perpustakaan yang dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB tersebut, menyasar anak-anak sekolah di sekitar masjid. Sementara untuk malam hari, menyasar kalangan remaja hingga dewasa.

Roni Sahroni, salah satu tokoh masyarakat setempat, mengatakan, buku di perpustakaan yang berasal dari para donatur itu juga sebagian lainnya berasal dari Komunitas Sabalad. Adapun isi buku di perpustakaan tersebut, di antaranya berkaitan dengan agama, pelajaran umum, buku pertanian, peternakan serta lainnya.

“Dalam perpus juga ada Wi-Fi gratis untuk menunjang perpustakaan digital. Setelah beberapa hari dibuka, Alhamdulillah mulai ada peningkatan jumlah orang datang ke sini untuk membaca buku,” jelasnya.

Sementara itu, Saepul Amri, salah satu pengunjung, mengatakan, perpustakaan yang tidak jauh dari rumahnya itu sangat membantu dalam menambah pengetahuan dan wawasan, terutama materi soal budidaya ikan yang sangat ia gemari.

“Saya suka sekali dengan ilmu budidaya ikan, dan kebetulan buku-bukunya ada di sini. Maka sangat membantu sekali adanya perpustakaan ini,” pungkasnya. (Aceng/Koran HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar