Wisatawan ke Green Canyon Pangandaran Menurun, Target PAD Terancam Tak Tercapai

Objek Wisata (OW) Green Canyon yang berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto: Dok HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran, Undang Sohbarudin, mengungkapkan, realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Objek Wisata (OW) Green Canyon yang berada di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada tahun ini cenderung mengalami penurunan.

Hal itu, tambah Undang, terlihat dari realisasi PAD dari Januari sampai Mei tahun 2018 baru mencapai Rp.293 juta. Padahal, pada tahun sebelumnya, realisasi PAD hingga Mei sudah mencapai Rp.312 juta. Dengan begitu, target PAD hngga Desember mendatang terancam tidak tercapai.

“Realisasi pada 6 bulan terakhir ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Penurunan PAD tentunya disebabkan dari jumlah kunjungan wisatawan yang menurun. Dari catatan kami, kunjungan wisatawan ke OW Green Canyon dari Januari hingga Mei 2018 baru mencapai 58 ribu. Sementara tahun 2017 lalu, hingga Mei sudah mencapai 62 ribu,”ujarnya, Jum’at (18/05/2018).

Namun begitu, Undang menegaskan target PAD dari OW Green Canyon masih bisa tercapai, asalkan realisasi PAD dari Juni hingga Desember nanti mengalami peningkatan signifikan.

“Memang penurunan jumlah wisatawan hampir terjadi di seluruh objek wisata di Pangandaran. Hal itu tentunya berdampak terhadap realisasi PAD. Seperti OW Pantai Pangandaran, misalnya, target PAD yang tetapkan sebesar Rp.17 miliar, tapi hingga Mei ini baru tercapai Rp.4,4 miliar. Begitupun di OW Karapyak dan lainnya,” katanya. (Mad2/R2/HR-Online)