Aksi Kriminal di Banjar Kian Meningkat Jelang Lebaran

Kapolres Banjar, AKBP. Matrius, tengah berbincang dengan korban pencurian emas yang terjadi belum lama ini. Photo: Hermanto/HR.

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Memasuki H-5 Lebaran Isul Fitri 1440 H, aksi kriminal di Kota Banjar terus meningkat, seperti penjamretan, pengeroyokan, pencurian emas hingga pencurian hewan unggas. Kejadian tersebut sudah menjadi fenomena rutin setiap menjelang Lebaran.

Untuk mengantisipasi dan mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan, jajaran Polres Banjar terus rutin melakukan patroli ke wilayah-wilayah rawan kriminal di empat kecamatan yang ada di Kota Banjar.

Kapolres Banjar, AKBP. Matrius, menghimbau agar masyarakat harus waspada terhadap aksi kriminal yang kerap terjadi menjelang Lebaran. Para pelaku kejahatan biasanya beraksi di pasar atau di pusat-pusat perbelanjaan.

“Selain di tepat ramai, pelaku kejahatan juga kerap mengincar rumah-rumah kosong yang ditinggal sementara oleh penghuninya. Untuk itu, kami pun minta kerjasamanya dari masyarakat untuk memantau aktifitas yang mencurigakan,” tandasnya, saat ditemui Koran HR, Selasa (05/06/2018).

Jika ada gerak-gerik yang mencurigakan di lingkungan masing-masing, kata AKBP. Matrius, segera laporkan kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Bina Desa setempat. Masyarakat jangan main hakim sendiri.

Pihaknya juga meminta kepada warga untuk melakukan pengamanan tambahan, seperti sepeda motor dikunci ganda, kandang-kandang ternak dikunci rapat, atau bisa juga dengan memasang alarm.

“Dengan selalu waspada, maka angka kriminalitas yang terjadi di tengah-tengah masyarakat bisa ditekan,” pungkasnya. (Hermanto/Koran HR)

 

KOMENTAR ANDA