Amankan Pilkada, Polres Ciamis Ajukan Tambahan Personil dari Polda

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepolisian Resort (Polres) Ciamis mengajukan tambahan personil untuk mengamankan proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Kabag Ops Polres Ciamis, Iskandar Hartana, saat menghadiri acara sosialisasi Pilkada yang diselenggarakan KPU Ciamis, Senin (11/06/2018), menuturkan, sejak Bulan Januari pihaknya sudah melaksanakan Operasi Mantap Praja Lodaya 2018.

Iskandar menyebutkan, Operasi Mantap Praja Lodaya 2018 melibatkan sekitar 900 orang personil kepolisian. Jumlah tersebut diproyeksikan untuk pengamanan Pilkada di wilayah Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Menurut Iskandar, jumlah personil tersebut belum memadai. Belum lagi, jumlah itu dikurangi personil yang ditugaskan memberikan pelayanan di lapangan. Untuk itu, pihaknya mengajukan tambahan personil dari Satuan Dalmas dan Brimob ke Polda Jabar.

“Kami minta bantuan tambahan Dua SSK Dalmas dan Dua SSK Brimob untuk membantu pengamanan penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Kabupaten Ciamis dan Pangandaran,” katanya.

Lebih lanjut, Iskandar menambahkan, Operasi Mantap Praja Lodaya 2018 dilaksanakan dalam rangka pengamanan proses penyelenggaraan Pilkada serentak 2018. Operasi tersebut akan dilaksanakan sampai Bupati dan Wakil Bupati Ciamis serta Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat terpilih dilantik.

Berkaitan dengan hal itu, Iskandar mengakui, pihaknya selalu intens berkodinasi dengan KPU Ciamis. Realisasinya, pelaksanaan pendaftaran dan pengundian nomor urut Calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, berjalan dengan aman dan lancar.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Ciamis, Kikim Tarkim, Senin (11/06/2018), mengaku sedang mempersiapkan proses penyelenggaraan Pilkada serentak yang kini menyisakan waktu sekitar dua pekan lagi.

Kikim menyebutkan, pada tanggal 17 Juni 2018 pihaknya akan segera menggelar rapat pleno DPS. Kemudian pada tanggal 18 Juni 2018, pihaknya akan mendistribusikan logistik dari gudang ke tingkat kecamatan dan desa.

“Agar semua proses penyelenggaraan Pilkada serentak berjalan aman dan lancar, kami (KPU) bekerjasama dan selalu berkordinasi dengan Polres Ciamis,” katanya. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar