Bahaya Merendam Teh Celup Terlalu Lama

Ilustrasi. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Teh celup memberi kemudahan buat Anda yang sangat menyukai cita rasa minuman teh. Selain cepat juga praktis dalam menyajikan minuman teh.

Sebelum banyak beredar teh celup, para penggemar minuman teh ini harus menyediakan atau menyajikan teh dengan teh bubuk atau tubruk, yang harus disaring terlebih dulu, agar ampas dari daun teh tersebut.

Akan tetapi, salah satu kebiasaan dari mereka yang sering menyajikan teh celup lupa mengangkat teh celupnya atau disimpan terus di cangkir/gelas yang sudah ad air panasnya.

Padahal, dikutip dari berbagai sumber, kantong teh celup yang disimpan terlalu lama di air panas akan berbahaya untuk kesehatan. Memang semakin lama dicelupkan di air panas, rasa teh akan semakin mantap dan manfaatnya pun bertambah.

Namun di sisi lain juga bisa membahayakan kesehatan. Dirangkum HR Online dari berbagai sumber, kantong teh celup yang biasanya terbuat dari kertas ini ternyata mengandung zat klorin.

Zat klorin ini biasanya dipakai untuk bahan disinfektan, guna membunuh bakteri yang ada di kertas teh celup. Akan tetapi apabila diminum terlalu banyak maka tentu akan membahayakan kesehatan tubuh. Itu yang jarang diketahui orang banyak.

Lantas apa dampak jika klorin yang masuk ke dalam tubuh kita jumlahnya sangat banyak? Klorin ini bisa mengakibatkan penyakit kanker, mandul, iritasi mata dan kulit, serta penyakit lainnya.

Selain itu, dikutip Water Benefits Health, klorin yang ikut diminum bersama teh dan kemudian masuk ke dalam tubuh akan tumbuh bakteri berbahaya, seperti e-coli. Sehingga akan menimbulkan gejala seperti diare, mual serta muntah dan sakit kepala. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar