BBGRM ke XV di Ciamis, Semangat Gotong-Royong kembali Digelorakan

Kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XV tingkat Jawa Barat, di Gedung Islamic Center Ciamis, Jl. Mr. Iwa Kusumasumantri, Rabu (06/06/2018). Foto : Ist/ Net

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyampaikan pesan mengenai pentingnya mengingatkan kembali nilai-nilai luhur dan warisan budaya bangsa. Nilai luhur dan warisan budaya yang dimaksud itu terkait semangat gotong-royong.  

Pesan Gubernur tersebut disampaikan Asisten Daerah (Asda) I Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dadi Iskandar, saat pembukaan kegiatan pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XV tingkat Jawa Barat, yang diselenggarakan di Gedung Islamic Center Ciamis, Jl. Mr. Iwa Kusumasumantri, Rabu (06/06/2018).  

Lebih lanjut, Gubernur menyatakan, BBGRM merupakan upaya pemerintah untuk menggelorakan semangat gotong-royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Semangat dan peran itu berlandaskan keswadayaan atau sistem nilai sosial budaya yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat.

“Melalui BBGRM, masyarakat akan merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melaksanakan, memanfaatkan serta melestarikan semangat dan jiwa gotong-royong yang kini mulai luntur seiring dinamika masyarakat modern,” katanya.

Pada kesempatan itu, Asda I Pemprov Jabar, Dadi Iskandar, menyampaikan permohonan maaf karena Gubernur tidak bisa hadir untuk membuka secara langsung kegiatan BBGRM ke XV tersebut.

Penjabat Bupati Ciamis, Deddy Mulyadi, saat mengunjungi stand pameran dan bazar, pada kegiatan pencanangan BBGRM ke XV tingkat Jabar, di Komplek Islamic Center, Rabu (06/06/2018). Foto : Ist/ Net

Namun demikian, Dadi berharap ketidakhadiran Gubernur tidak mengurangi makna penyelenggaraan kegiatan tersebut. Menurut dia, sebagaimana pesan Gubernur, BBGRM tidak hanya menjadi kegiatan seremonial saja, akan tetapi tujuannya dapat direlisasikan di seluruh desa dan kelurahan di Jawa Barat.

Dari pantauan HR Online, kegiatan BBGRM ke XV diisi dengan beragam agenda, mulai dari aksi gotong-royong, pameran dan bazar, pelayanan masyarakat, pencanangan saresehan, siraman rohani dan hiburan. (Deni/R4/HR-Online)

KOMENTAR ANDA