Besok, Ratusan BPD Bakal Dilantik Walikota Banjar

Logo BPD. Foto: Ist/Net

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Kabag Tata Pemerintahan Setda Kota Banjar, Irwan Adhiawan, melalui Kepala Sub Bagian Bina Wilayah, Aziz Eka, memastikan sebanyak 101 anggota Badan Permusyawaran Desa (BPD) dari 15 desa di Kota Banjar  akan dilantik langsung Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, di Aula Setda, Senin (25/06/2018) besok.

“Insyaallah Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, akan melantik langsung 101 anggota BPD baru dari 15 desa, di Aula Setda besok siang. Paginya terlebih dahulu Pemkot menggelar halal bihalal di tempat yang sama,” katanya kepada HR Online, Jumat (22/06/2018).

Mereka yang akan dilantik itu, lanjut Aziz, merupakan anggota BPD baru saja terpilih lewat pemilihan BPD antara April-Juni 2018. Sementara satu desa lagi dari 16 desa yang ada yaitu Sinartanjung tak ada pemilihan. Sebab, masa kepengurusan anggota BPD nya masih lama sehingga tak ikut dilantik.

“Pemkot Banjar tak bisa terlalu lama lagi menunggu proses pelantikan sejumlah anggota BPD tersebut. Semestinya bisa dilakukan 15 Juni atau seiring masa kepengurusan BPD yang lama habis pada 14 Juni 2018,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, jumlah anggota BPD yang baru di 15 desa itu bervariatif, ada yang 5,7 dan 9 orang yang mana disesuaikan luas wilayah dan jumlah penduduk setiap desanya yang dituangkan dalam Perdes. Jumlah anggota BPD 5 orang yaitu desa Jajawar, Cibeureum, Batulawang, dan Sukamuktii. Adapun 7 orang BPD di antaranya Neglasari, Raharja, Mekarharja, Waringinsari, Langensari, Rejasari, Binangun, Karyamukti dan Mulyasari, serta yang BPD sebanyak 9 orang yaitu Balokang dan Kujangsari.

“Untuk acara pelantikan besok itu, kami sudah siapkan segala sesuatunya, baik itu undangan sudah disebar. Ada sekitar 200 orang lebih yang diundang mulai dari anggota BPD baru, BPD lama, Ketua Pemilihan BPD masing-masing desa, Kades dan perwakilan dari seluruh kelembagaan desa. Tak ketinggalan camat dan seluruh kepala OPD serta aparatur keamanan,” katanya.

Begitupun administrasi lainnya, kata Aziz, sudah dipersiapkan seperti Berita Acara pengucapan sumpah janji anggota BPD, SK Walikota Tentang Peresmiann anggota BPD yang baru periode 2018-2024 dan SK Pemberhentian anggota BPD yang lama.

“Semoga pelantika anggota BPD besok bisa tetap berjalan lancar, sukses dan tidak halangan apapun. Sebab, mengingat sedang masa tenang Pilwalkot Banjar dan Pilgub Jabar. Walau terbilang mengumpulkan khalayak undangan, tapi kita berpatokan kerja secara normatif atau sesuai ketentuan,” pungkasnya.

Dari informasi diterima HR Online, Pantia Pengawas Pemilihan (Panwaslu) akan ikut memantau proses pelaksanaan pelantikan anggota BPD. (Nanks/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar