Di Pangandaran, 390 Calhaj akan Mengikuti Binsik Haji Tingkat Kabupaten

Peserta bimbingan manasik (binsik) haji asal Kabupaten Pangandaran. Photo: Madlani/HR.

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, akan menggelar bimbingan manasik (binsik) haji tingkat kabupaten yang akan dimulai dari tanggal 29 Juni-10 Juli 2018.

Bimbingan manasik haji yang dilaksanakan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) tersebar di lima titik (Mangunjaya, Padaherang, Kalipucang), (Pangandaran, Sidamulih), (Parigi, Cijulang), (Cimerak, Cigugur), (Langkaplancar).

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pangandaran, Cece Hidayat, kepada HR Online, Kamis (28/06/2018). Pihaknya pun mengajak kepada seluruh calon jamaah haji untuk mengikuti rangkaian kegiatan tersebut.

“Bimbingan manasik dilakukan 16 sampai 20 kali. Kita berharap dan mengajak jamaah haji untuk memaksimalkan ilmu manasik hajinya sebelum berangkat ke tanah suci. Hal itu supaya mandiri, tidak tergantung kepada siapa pun dan yakin dengan ilmu yang diterima selama bimbingan manasik haji,” terangnya.

Cece juga mengatakan, bahwa Kementerian Agama akan melaksanakan binsik haji selama delapan kali, yakni di tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan. Dengan demikian, maka seluruh calon jamaah haji diwajibkan untuk mengikutinya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggraan Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Pangandaran, H. Ujang Sutaryat, menambahkan, peserta yang akan mengikuti binsik di tingkat Kabupaten Pangandaran, jumlahnya mencapai 390 orang.

Jumlah tersebut tergabung dalam kloter 58 JKS yang sudah siap dan ditentukan jadwal keberangkatannya. Calon jema’ah haji sebanyak 390 orang itu terbagi menjadi 10 rombongan, ditambah 5 orang petugas yang terdiri dari 1 orang TPHI, 1 orang TPIHI, 1 orang TKHI, 2 orang perawat, ditambah 1 orang TPHD Kabupaten Pangandaran dan 1 orang TPHD Provinsi Jawa Barat. (Madlani/R3/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar