Diduga Memeras Kepala Desa, Oknum LSM di Ciamis Nyaris Dihajar Massa

Warga saat mengepung rumah kepala desa yang di dalamnya terdapat oknum LSM. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seorang oknum LSM di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat nyaris dihajar massa. Pasalnya, oknum tersebut tengah mendatangi rumah Kepala Desa Sukahurip yang diduga tengah melakukan pemerasan, Sabtu (02/06/2018) malam.

Massa yang berasal dari satu kampung tersebut mengepung rumah kepala desa. Beruntung massa bisa dilerai oleh tokoh masyarakat setempat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun HR Online, oknum LSM tersebut mendatangi kepala desa usai melaksanakan tarawih. Bahkan, oknum tersebut mengenakan seragam LSM. Sementara itu, oknum LSM tersebut diduga mempermasalahkan terkait pembangunan jalan yang telah dibangun oleh masyarakat setempat. Sontak saja amarah masyarakat tak bisa dibendung hingga mengepung rumah kepala desa untuk menindak tegas oknum LSM tersebut.

Turiman, Kades Sukahurip, membenarkan kejadian tersebut. Ia mengaku peristiwa tersebut terjadi secara spontan.

“Benar tadi warga sekampung sempat mengepung rumah saya. Mereka terpancing oleh ulah oknum tadi. Untung ada tokoh masyarakat yang bisa melerai aksi massa tadi,” katanya kepada HR Online.

Perihal kedatangan oknum LSM tersebut, lanjut Turiman, ia menyebutkan bahwa oknum tersebut mempertanyakan soal pembangunan jalan yang baru selesai dibangun masyarakat setempat.

“Memang anggaran untuk pembangunan ini belum cair, namun kami sudah ada MOU. Nah, sementara masyarakat sendiri menginginkan pembangunan jalan ini dikerjakan sebelum puasa. Maka dari itu, atas dasar kesepakatan dengan masyarakat akhirnya pembangunan jalan ini kami laksanakan dan tentunya anggaran yang kami alokasikan adalah dana talang,” jelas Turiman.

Karena menggunakan dana talang, sambung Turiman, suplayer bersedian menyalurkan bahan-bahan materialnya dan tenaga kerjanya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat hingga pembangungan jalan selesai sesuai harapan masyarakat.

“Tadi siang juga ada yang datang ke saya menanyakan hal itu, pertanyaannya yang tadi sama yang siang sama saja, soal pembangunan jalan. Sebenarnya masyarakat sudah panas akibat kejadian siang tadi, makanya saat ada yang datang lagi dari oknum LSM itu mereka kompak,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

KOMENTAR ANDA