Hari Kedua Lebaran, Wisatawan yang Masuk Pangandaran Didominasi Pemotor

Antrian kendaraan sepeda motor di pintu masuk objek wisata pantai Pangandaran pada Sabtu (16/08/2018) malam. Foto: Entang SR/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Arus kendaraan wisatawan yang datang ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada hari kedua pasca lebaran (Idul Fitri) atau Sabtu (16/06/2018) belum terlihat padat. Di sepanjang jalur utama menuju objek wisata pantai Pangandaran pun belum terlihat adanya antrian kendaraan roda empat. Hanya saja, wisatawan yang menggunakan sepeda motor sudah mulai tampak berdatangan. Bahkan, sepeda motor mendominiasi jalanan menuju objek wisata pantai Pangandaran.

Dari pantauan HR Online Sabtu (16/06/2018) sore hingga malam, wisatawan yang berkunjung ke pantai Pangandaran masih normal atau belum membludak. Di sepanjang jalan dari arah Kalipucang maupun Parigi belum tampak adanya antrian kendaraan roda empat seperti halnya pada libur lebaran tahun sebelumnya.

Meski begitu, antrian kendaraan roda empat masih bisa saja terjadi pada hari Minggu (17/06/2018) ini. Hal itu mengingat masa cuti libur lebaran masih tersisa 4 hari lagi. Selain itu, pengalaman dari tahun sebelumnya, peningkatan jumlah wisatawan yang masuk Pangandaran terjadi pada hari ketiga pasca lebaran.

Rudi, salah seorang pengunjung asal Garut, saat ditemui di area pintu masuk wisata pantai Pangandaran, Sabtu (16/06/2018), mengatakan, dirinya yang mambawa istri dan anaknya yang masih balita, sengaja menggunakan sepeda motor dari Garut ke Pangandaran untuk menghindari kemacetan. Dia pun mengaku berwisata ke Pangandaran bersama rombongan yang tak lain adalah para tetangganya.

“Pengalaman tahun-tahun kemarin kalau berlibur ke Pangandaran menggunakan mobil pada saat libur lebaran selalu macet berjam-jam. Makanya, sekarang kami memutuskan menggunakan sepeda motor agar terhindar dari kemacetan,” ujarnya.

Namun, tambah Rudi, selama perjalanan dari Garut menuju Pangandaran ternyata jalanan lancar atau tidak terjadi kemacetan kendaraan. “Saya jauh-jauh dari Garut menggunakan sepeda motor ke Pangandaran karena takut macet. Tapi ternyata jalanan malah lancar. Nyesel juga sih naik motor,”katanya sembari tertawa.

Sementara itu, Listi, salah satu petugas ticketing pintu masuk objek wisata Pangandaran, mengatakan, pada hari kedua libur lebaran, pengunjung yang masuk ke obyek wisata pantai Pangandaran masih didominasi oleh para pemotor. Sementara pengunjung yang menggunakan mobil masih belum banyak.

“Namun, diprediksi akan terjadi peningkatan jumlah wisatawan pada hari ketiga lebaran atau pada hari Minggu (17/06/2018). Karena apabila berkaca pada tahun sebelumnya, peningkatan wisatawan terjadi pada hari ketiga lebaran. Selain itu, libur cuti lebaran pada tahun ini cukup panjang dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA