Infrastruktur Jalan Cipaku Ciamis Rusak Parah Bahayakan Pengendara

Foto: Ilustrasi net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kondisi infrastruktur jalan kabupaten, tepatnya mulai dari Dusun Ciakarhilir hingga perbatasan Desa Gereba, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sangat memprihatinkan. Pasalnya, sepanjang infrastruktur jalan tersebut dipenuhi lobang. Dan kondisi itulah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya serentetan kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut.

Kohar (34), pengguna jalan, ketika ditemui Koran HR, Senin (18/06/2018), membenarkan, kerusakan infrastruktur di sepanjang jalan kabupaten tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya kecelakaan yang mayoritas dialami pengendara roda dua.

Senada dengan itu, Tiwan, warga setempat, ketika ditemui Koran HR, Senin (18/06/2018), mengungkapkan bahwa kerusakan yang terjadi pada infrastruktur jalan tersebut sudah berlangsung lama.

Penyebabnya, kata Tiwan, infrastruktur jalan tersebut seringkali terendam air pada saat musim penghujan. Selain itu, kerusakan juga diperparah oleh lalu lintas kendaraan angkutan bermuatan berat.

“Kerusakan jalan itupun seringkali menimbulkan kecelakaan. Satu minggu terakhir ini saja sudah ada tiga pengendara yang terjatuh dan dua pengendara bertubrukan. Kalau ini tidak segera ditangani, kemungkinan korban akibat kondisi jalan ini akan terus bertambah,” katanya.

Kepala Desa Ciakar, Sulaeman Nurdjamal, ketika dikonfirmasi Koran HR, Senin (18/06/2018), menuturkan bahwa infrastruktur jalan tersebut sebenarnya sudah seringkali bahkan rutin diperbaiki.

“Perbaikannya dilakukan secara tambal sulam. Tapi karena sering terendam air, jadi cepat rusak lagi,” katanya.

Terkait kecelakaan lalu lintas, Sulaeman tidak menyangkal hal itu. Menurut dia, korban kecelakaan mayoritas tidak mengetahui adanya kerusakan infrastruktur di sepanjang jalan tersebut. (Dji/Koran HR)

KOMENTAR ANDA