Kayu Manis Diklaim Bisa Mencegah Penyakit Diabetes

Kayu Manis. Foto : net/ist

Berita Gaya Hidup, (harapanrakyat.com),- Salah satu cara supaya terhindar terkena penyakit diabetes yaitu dengan menjaga kadar gula. Mengontrol kadar gula dalam darah bisa dengan mengatur pola makan dan minum dengan sedikit gula.

Atau cara lain yang diyakini bisa menurunkan kadar gula, yaitu dengan memasukkan satu bahan rempah ke minuman teh yang diminum setiap pagi hari.

Diklaim salah seorang ahli gizi, Dr Josh Axe, seperti dikutip dari liputan6.com, rempah tersebut ialah kayu manis.

Kayu manis yang bisa didapatkan di pasar namun bentuknya bubuk ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Rempah tersebut menghadang enzim yang disebut alanines. Enzim ini umumnya dipakai oleh darah untuk menyerap gula.

Terhalangnya alanines, maka glukosa yang mengalir dalam darah menjadi tidak banyak, walaupun Anda sebelumnya memakan makanan yang kadar gulanya tinggi. Sehingga kadar gula dalam darah tidak akan meningkat tajam.

Tentu dengan adanya proses seperti itu, kau manis sangat berperan untuk menurunkan kadar gla dalam darah.

Selain itu, rempah yang satu ini juga mampu menambah sensitivitas yang ada pada hormon insulin, yang sangat berguna untuk menjaga keseimbangan kadar gula.

Sehingga, kata Dr Josh Axe, tidak salah jika kayu manis terkenal mempunyai efek anti diabetes.

Bukan hanya kayu manis, bahan masakan lainnya seperti kunyit yang di dalamnya terkandung senyawa kurkumin juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Itu dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan pada tahun 2013, yang hasilnya dari studi tersebut adalah kurkumin yang ada pada kunyit mampu meminimalisir dan mencegah terkena penyakit diabetes. (Adi/R5/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar